Karhutla Hanguskan 10 Ha Lahan di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil

Karhutla-Siak-Giam-Kecil.jpg
(Dok. BBKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai mengancam Bumi Lancang Kuning. Si jago merah melahap kawasan konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, sejak Minggu lalu.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Genman S Hasibuan menyebutkan luas kebakaran diperkirakan sekitar 10 hektare. Karhutla pertama kali teridentifikasi melalui patroli udara. 

"Adapun yang menjadi pemicu kebakaran di Suaka Margasatwa Giam Siak Keciil diduga disebabkan oleh pembukaan lahan dengan cara dibakar untuk kebun kelapa sawit," ujar Genman, Rabu, 22 Juni 2023.

Pasalnya, tim di lapangan menemukan bibit sawit di sekitar areal lahan yang terbakar. Saat ini aparat kepolisian tengah melakukan penyelidikan dan penyidikan guna mencari dalang di balik kebakaran ini.


Genman menyebutkan pihaknya mengalami kendala saat upaya pemadaman lantaran lokasi yang terbakar merupakan tanah gambut. Selain itu, tiupan angin yang tak menentu juga menyulitkan tim. 

"Tim masih mengawasi lokasi yang terbakar untuk mewaspadai loncatan api karena tingginya tiupan angin, sehingga bisa sesegera mungkin tertangani," lanjutnya. 

Saat ini titik api di lapangan sudah terkendali, namun memang masih ada kepulan asap kecil. 

"Tim gabungan masih berjaga dan memonitor agar tidak terjadi kebakaran baru," tutupnya. 

Adapun tim gabungan di lapangan terdiri dari BBKSDA Riau, Manggala Agni, TNI/Polri, BPBD Riau, PT Arara Abadi dan masyarakat peduli api.