Di Hadapan Pendidik, Syamsuar Sebut Kualitas Pendidikan Dipengaruhi Guru Berkompeten

Syamsuar-di-inhil.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peran tenaga pendidik sangat berpengaruh pada kualitas peserta didik. Gubernur Riau, Syamsuar, pun berharap agar pendidikan di Bumi Lancang Kuning semakin berkualitas.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Riau saat peresmian SMKN 1 Tempuling di Indragiri Hilir (Inhil) pada Rabu, 21 Juni 2023. 

"Sebab pendidikan yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh guru-guru yang berkompeten," ucapnya.

Syamsuar menyebut telah telah mengajak universitas di Riau dan Universitas Negeri Padang untuk memberikan pelatihan kepada para guru di Bumi Lancang Kuning.

"Nanti guru-guru ini kita bantu, kita berikan beasiswa, mereka bisa mengikuti pelatihan dan sertifikasi atau melanjutkan pendidikannya. Supaya kompetensi guru-guru kita bisa meningkat," harapnya.



Sehingga ke depan menurutnya, dengan terciptanya pendidikan yang berkualitas baik oleh guru dan peserta didik dapat mampu menunjang kompetensi di Riau sesuai dengan bidangnya masing-masing.

"Selain persoalan kompetensi, saat ini Riau juga dihadapkan dengan kebutuhan guru yang masih kurang. Sebab setiap tahun selalu ada guru yang memasuki pensiun. Kita masih kekurangan guru SMK, karena banyak yang pensiun setiap tahunnya," katanya.

Untuk mencukupi kebutuhan guru di penjuru Riau, mantan Bupati Siak berupaya memenuhinya melalui skema penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

"Seleksi PPPK sudah dibuka, tapi banyak yang tidak lulus karena tak memenuhi standar, tidak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan," tuturnya.