PDIP Riau Sebut Kader Siap Turun ke Masyarakat Usai MK Putuskan Pemilu Terbuka

Robin-P-Hutagalung1.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PDIP Riau menyampaikan pihaknya bersedia mengikuti Pemilu 2024 mendatang dengan sistem proporsional terbuka.

Anggota DPRD Riau Fraksi PDIP, Robin P. Hutagalung, menyampaikan partainya merupakan partai yang berbasis kader. Sebab itu, PDIP selalu siap menghadapi Pemilu tertutup maupun terbuka.

“Semua kader paham soal ini. Makanya dari awal PDIP sudah memiliki SK DPP berisi nomor urut yang akan disampaikan KPU sesuai tingkatan masing-masing,” kata Robin, Rabu, 21 Juni 2023.

Sebab itu, ketika Mahkamah Konstitusi menetapkan Pemilu dengan sistem proporsional terbuka, pihaknya sudah siap.

“Setelah diputuskan Pemilu terbuka ya kader partai itu turun ke masyarakat untuk memenangkan Pemilu,” tuturnya.


Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Riau, Zukri, merespons putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) perihal sistem Pemilu proporsional terbuka.

Dorongan PDIP akan sistem proporsional tertutup diabaikan dalam pertimbangan MK. MK menganggap DPR adalah satu kesatuan menyetujui UU Pemilu yang mengatur sistem terbuka.

“Kalau kita tentu taat akan konstitusi yang telah ditetapkan oleh MK. Artinya PDIP Riau taat dengan segala keputusan MK ini. Karena ini yang terbaik bagi MK demi berjalannya demokrasi di Indonesia untuk sistem pemilu yang telah diputuskan,” kata Zukri.

Disinggung perihal PDIP yang mendorong sistem proporsional tertutup, Zukri menjelaskan, apapun kondisinya baik sistem proporsional tertutup atau terbuka, PDIP Riau selalu siap. 

“Bagi kami yang penting sekarang terbuka maka harus taat dengan konstitusi. Kami imbau semua kader juga taat dengan keputusan itu,” jelasnya.