Siswa SMAN 4 Pekanbaru Antusias Pelatihan Jurnalistik RIAU ONLINE Goes to School

ROL-Goes-to-school-SMAN-4.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siswa SMAN 4 Pekanbaru di Jalan Adi Sucipto, Pekanbaru, antusias mempelajari pelatihan jurnalistik dan teknik layout dalam kegiatan Goes to School yang ditaja RIAU ONLINE bekerjasama dengan Diskominfotik Riau, Senin, 22 Mei 2023.

Pemaparan tentang teknik layout dipaparkan oleh Galih Perwita Rosadha dari Diskominfotik Riau, Galih Perwita Rosadha.

Menurut Galih, layout merupakan tata letak yang menjadi acuan pada saat menyusun halaman sebuah desain.

Tata letak menjadi tujuan penting dalam memulai desain yang terstruktur, karena tata letak yang baik akan mempermudah penyampaian informasi dengan cara yang logis dan koheren dari isi desain tersebut.

"Layout merupakan perhitungan posisi objek dalam ruang desain, penataan ruang desain harus memperhatikan komposisi dari elemen-elemen yang dibuat agar tercipta susunan yang artistik," singkat Galih.

Tak hanya itu, Siswa SMAN 4 Pekanbaru juga mengikuti workshop jurnalistik berupa ilmu dasar jurnalistik dan teknik pengambilan video, dari pemateri RIAU ONLINE Defri Candra.

Bertempat di Aula Arafah lantai dua SMA 4, puluhan Siswa yang sudah dibekali buku catatan, diberi kesempatan untuk mencatat hal-hal penting yang disampaikan pemateri serta bertanya jika ada yang diragukan.


"Menjadi jurnalis handal itu butuh proses, yang penting tahu kode etik jurnalistik dan membuat berita itu harus berimbang, maksudnya tidak menyudutkan satu pihak," ujar Defri dalam pemaparannya.

Tidak hanya itu, Defri yang biasa melakukan liputan kriminal menyampaikan untuk tidak mudah percaya dengan hoaks.

"Jika ada informasi dan itu belum jelas kebenarannya, sebelum di ekspos ke publik cari tahu kebenarannya, cek dan ricek (riset)," pungkasnya.

Siswa SMAN 4 juga berkesempatan untuk mempelajari video jurnalistik yang disampaikan Ilham Ramadhan. 

"Banyak teknik dalam pengambilan video ini, bisa dengan cara Low Angle, pengambilan gambar dengan sudut arah bawah objek yang memberikan kesan objek membesar, Eye Level teknik mengambil posisi sejajar dengan objek dan High Angle teknik mengambil posisi di atas obyek. Hasilnya obyek shooting menjadi lebih kecil. Hasil gambarnya menjadi dramatis dan terkesan kerdil," paparnya.

Di akhir acara, Kepala Sekolah SMAN 4 Pekanbaru, Yan Khoriana mengucapkan terima kasih atas ilmu yang diberikan RIAU ONLINE dan Diskominfotik Riau.

"Terima kasih kepada media siber RIAU ONLINE dan Diskominfotik yang telah memberikan ilmunya kepada anak-anak," katanya.

"Selain itu, semoga ilmu jurnalistik yang diberikan dapat diterapkan oleh Siswa-siswi SMAN 4 Pekanbaru dan mengetahui kerja jurnalis seperti apa," harapnya.

Yan Khoriana juga mengucap selamat ulang tahun ke-8 untuk RIAU ONLINE. Ia berharap RIAU ONLINE semakin terpercaya dan akurat dalam menyampaikan informasi.