Hari Ini, 9 Titik Panas Tersebar di 5 Daerah Riau

Titik-panas3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mencatat 112 titik panas di Pulau Sumatera. Sebanyak 9 titik panas di antaranya tersebar di Provinsi Riau, Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu (Inhu) ada tiga titik panas.

Sebanyak 112 hotspot terpantau satelit terra dan aqua di Pulau Sumatera. Provinsi Riau sebaran hotspot sebanyak 9 titik.

Prakirawan BMKG, Yasir mengatakan, total hotspot pada hari ini berjumlah 112 titik. Sedangkan untuk Provinsi Riau tersebar sebanyak 9 titik panas, Sumatera Selatan sebanyak 36 titik, Bangka Belitung sebanyak 26 titik serta Jambi ada 17 titik panas.

“Riau 9 titik, Pelalawan dan Inhu masing-masing 3 titik, Rokan Hulu, Siak dan Dumai 1 titik,” jelasnya, Selasa, 16 Mei 2023.


Sementara itu, BMKG Stasiun Pekanbaru memprediksi perkiraan cuaca pada pagi hari, cerah hingga cerah berawan. Untuk potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Untuk info cuaca pada sore hari, diprediksi cerah berawan. Potensi hujan ringan  di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, kab. Siak dan Kota Pekanbaru.

Sedangkan untuk malam hari, potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kab. Rokan Hulu, Kab. Rokan Hilir, Kab. Kampar, Kab. Siak, Kab. Bengkalis, Kab. Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

Selanjutnya, BMKG mengeluarkan peringatan dini, waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu, Pelalawan dan Rokan Hilir pada siang atau sore dan malam hari.