Ade Hartati Minta Disdik Riau Buat Kebijakan Tangani Masalah Kuota Sekolah

Komisi-V-DPRD-Riau-5.jpg
(Humas DPRD Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat, menegaskan tidak imbangnya jumlah anak usia sekolah dengan jumlah sekolah yang ada di Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru. 

"Di Pekanbaru ini angka pertumbuhan siswa dengan angka pertumbuhan sekolah itu tidak imbang, artinya siswanya lebih banyak daripada jumlah (yang bisa ditampung, red) sekolah," ujarnya, Selasa, 26 Mei 2023.

Ade mengatakan, sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berdasarkan zonasi atau lokasi tempat tinggal anak dengan sekolah juga sering menjadi masalah. 

“Setiap tahun ada saja laporan dari orang tua peserta didik yang tidak diterima meskipun rumah mereka berada persis di belakang sekolah,” jelas Ade.


Selain karena masalah kuota, Politikus PAN itu juga menyebut ada sekolah-sekolah tertentu yang lokasinya beririsan dengan beberapa kelurahan sekaligus. 

Berangkat dari situ, ia meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau untuk membuat kebijakan yang bisa mengakomodir persoalan tersebut agar setiap anak tetap bisa bersekolah khususnya bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. 

"Kita tadi sudah bincangkan dengan Pak Job (Kadisdik Riau) bagaimana ada kebijakan afirmasi bagi anak-anak tidak mampu yang tidak tertampung di negeri bisa diterima di swasta dengan biaya dari pemerintah provinsi, tentu dengan melengkapi persyaratan-persyaratan tertentu," pungkasnya.