Sebelum Terjaring OTT Polda Riau, Kadiskes Kampar Sidak Puskesmas Simalinyang

Kadiskes-Kampar-Zulhendra-saat-sidak.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kampar, Zulhendra Das'at melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Puskesmas Simalinyang, Rabu, 10 Mei 2023, sebelum akhirnya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Polda Riau, pada Jumat, 12 Mei 2023.

Zulhendra pada kesempatan itu mengatakan bahwa sidak dilakukan untuk menegakkan kedisiplinan terhadap seluruh staf Puskesmas di Kabupaten Kampar.

"Apel pagi salah satu wujud penerapan kedisiplinan dalam bekerja, petugas Puskesmas adalah pelayan masyarakat, maka dari itu wajib memberikan pelayanan yang prima kepada semua masyarakat," sebut Zulhendra. 

Zulhendra mengimbau para petugas dan tenaga kesehatan di Puskesmas agar mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, bekerja secara maksimal, dan optimal meski di bawah tekanan.

"Puskesmas merupakan penentu terhadap baik atau buruknya derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja," pungkasnya. 


Namun dua hari kemudian, Kadiskes Zulhendra terjaring OTT Direktorat Kriminal Khusus Polda Riau bersama Kepala Puskesmas Sibiruang, MR.

Zulhendra Das'at dan Kapus MR diduga terlibat tindak pidana atau penyalahgunaan wewenang dalam jabatan yaitu Pungli terhadap beberapa Kepala Puskesmas di Kabupaten Kampar.

Direktur Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Teguh Widodo mengatakan OTT Polda Riau berawal adanya informasi dari masyarakat terdapat Pungli yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kampar, Zulhendra. 

"Atas laporan tersebut, Tim Subdit III Ditreskrimsus Polda Riau dipimpin Kasubdit III berangkat ke TKP untuk mengecek kebenaran info tersebut, Jumat, 12 " ujar Kombes Teguh, Sabtu, 13 Mei 2023.