Dewan Minta Pemprov Riau Cari Kurator untuk Gugat PT RAL

RIAU-AIRLINES.jpg
(RIAU AIRLINES.COM)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPRD Riau menyikapi keberadaan PT Riau Airlines (RAL) yang disebut-sebut menjadi beban pemasukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau

Anggota DPRD Riau, Sugianto, menegaskan sudah jadi konsumsi publik PT RAL failed bangkrut, jika dilihat sudah memiliki putusan hukum.

“Pemprov Riau harus ambil langkah. Sederhana saja sebenarnya kalau Pemprov Riau mau, cukup menggugat PT RAL dengan kurator,” katanya, Jumat, 5 Mei 2023.

Ia meminta Pemprov Riau mencari satu pengacara kurator yang tujuannya menggugat PT RAL, maka akan terang benderang masalahnya. Kembali lagi, Sugianto mempertanyakan kemauan Pemprov Riau saja untuk menyelesaikan ini.

“Pengacara kurator tugasnya ya mengkuratorkan PT RAL dan putusannya pasti failed. Sudah, beres,” ujarnya.


Politikus PKB itu menegaskan, saat ini permasalahan menjadi abu-abu, apalagi PT RAL merupakan BUMD Riau yang menyisakan utang terlalu banyak.

“Selama ini mereka numpang saja. kita punya BUMD PT PIR yang punya konsesi batu bara di Inhu 1700 hektar dan mereka ini dibebani utang PT RAL,” tegasnya.

“Kalau ini yang terjadi selamanya tidak maksimal PAD yang didapatkan Pemprov Riau. Ini yang jadi pertanyaan, mengapa selama ini masih dipertahankan saja,” pungkas Sugianto.