Hasil Evaluasi Peringkat Tiga Besar, Pj Wali Kota Pekanbaru Raih Dukungan Perpanjangan

Muflihun-adv.jpg
(Dok. Pemko Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menjelang satu tahun masa jabatan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru pada Mei 2023 mendatang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah melakukan penilaian. Untuk penilaian terakhir, Pj Wali Kota meraih peringkat 3 besar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan penilaian untuk Pj Wali Kota Pekanbaru sudah dilakukan sebanyak tiga kali.

"Alhamdulillah tiga kali evaluasi nilai Pj Wali Kota Pekanbaru bapak Muflihun selalu bagus," ujar Indra Pomi, Sabtu, 29 April 2023.

Dikatakan Indra Pomi, bahkan untuk evaluasi pertama Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun menjadi peringkat satu.

"Dan untuk evaluasi terakhir yang baru dilakukan, Pj Wali Kota mendapatkan peringkat 3. Alhamdulillah tidak pernah keluar dari 5 besar," katanya.

Muflihun-adv6

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, mendampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar. (Dok. Pemko Pekanbaru)

Dukungan dari Tokoh Masyarakat

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Pekanbaru Suraji saat dihubungi mengatakan jika selama ini hubungan antara pengurus FPK, tokoh masyarakat dengan Pj Wali Kota Pekanbaru sangat baik dan bagus.

"Alhamdulillah beliau sangat mendukung Forum Pembauran Kebangsaan. Kami sering mengundang beliau dalam berbagai kesempatan acara dan beliau selalu mau datang," ujar Suraji, Jumat, 28 April 2023.

Ia mengatakan dalam setiap pertemuan, Pj Wali Kota selalu mengingatkan untuk bagaimana FPK bersama-sama dengan pemerintah dalam membangun Pekanbaru aman damai dan tidak terpecah belah.

"Beliau selalu menyampaikan kepada kami untuk menjaga agar Pekanbaru jangan sampai pecah, jangan sampai ada gesekan antar masyarakat. Beliau selalu komitmen untuk itu," ucapnya.

Muflihun-adv

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. (Dok. Pemko Pekanbaru)

Dikatakan Suraji, pihaknya mendukung Pj Wali Kota kembali melanjutkan untuk memimpin Pekanbaru setahun ke depan. 

"Kami yakin dengan komitmen yang selalu disampaikan beliau, bagaimana beliau selalu menyampaikan kepada kami dan mengajak untuk bersama-sama merajut persatuan kesatuan bangsa. Beliau selalu menyampaikan juga bahwa Pekanbaru ini jangan sampai ada gesekan-gesekan antara kelompok. Kemudian juga bagaimana agar kota tenang, aman, damai dan menjadi Kota yang nyaman untuk kita tinggali," ucapnya 

Dirinya menilai, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun juga memiliki pengalaman yang sudah banyak. Mulai dari Camat kemudian juga pernah di Sekwan. 


Muflihun-adv5

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. (Dok. Pemko Pekanbaru)

"Kalau saya juga kan pensiunan dari pemerintah kota, jadi saya melihat Muflihun itu dari segi pengalaman memiliki pengalaman yang sudah banyak dan bagus," sebutnya.

Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Sail Endang menyampaikan dukungan penuh atas program dan kinerja baik Pj Walikota Pekanbaru. 

"Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi seluruh pihak, Pekanbaru sudah semakin baik dan terus berbenah dan bergerak," ungkapnya.

Ia menilai perhatian Pj Wali Kota dan Ibu Pj Wali Kota sangat besar terhadap organisasi wanita, mulai dari PKK, BKMT, hingga perhatian kepada kader posyandu yang ada di Pekanbaru. "Oleh karena itu kami berharap masa menjabat Pj Walikota dapat diperpanjang kedepannya.  Pekanbaru bertuah lanjutkan," harapnya.

Muflihun-adv4

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. (Dok. Pemko Pekanbaru)

Hal senada disampaikan Baharuddin, Ketua Forum RT/RW Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tuah Madani. Dirinya menilai selama lebih kurang setahun menjabat sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun sudah melakukan banyak program yang menyentuh langsung ke masyarakat.

"Ada beberapa program yang kami lihat memperhatikan masyarakat. Salah satunya untuk masalah banjir kemudian jalan berlubang. Walaupun semua belum selesai, tapi secara berangsur sudah banyak perubahan," ujar Baharuddin.

Selanjutnya untuk program yang sudah dilakukan Pj Wali Kota Pekanbaru banyak meliputi berbagai bidang. Seperti di bidang kesehatan ada program Dokter on Call.  Kemudian di bidang pendidikan ada program beasiswa. Ada juga program sosial yang masyarakat meninggal dibantu 1 juta ahli waris.

Muflihun-adv3

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. (Dok. Pemko Pekanbaru)

"Kemudian termasuk juga untuk insentif. Kalau kita pantau kayak RT/RW, tahun lalu insentifnya dibayarkan full, bahkan tahun ini dinaikkan. Termasuk juga itu untuk posyandu, kader, KB. Jadi itu kami pantau nampaknya perubahannya sangat signifikan," jelasnya.

Dengan banyaknya yang sudah dilakukan, pihaknya berharap agar Muflihun bisa tetap dipertahankan sebagai Pj Wali Kota. 

"Kami mewakili RT RW selaku ketua forum berharap beliau ini untuk kedepannya masih dipertahankan sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru. Karena kerjanya nyata dan kelihatan," ungkapnya. 

Banyak Mendulang Prestasi

Selain memiliki berbagai program yang banyak menyentuh masyarakat, selama menjabat sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun juga banyak mendulang prestasi.

Prestasi yang didapat seperti Kota Pekanbaru meraih Sertifikat Adipura dari Kementerian LHK RI. Sertifikat ini merupakan apresiasi dan penilaian bahwa terdapat peningkatan yang cukup tinggi yang diperoleh Pemko Pekanbaru dalam menciptakan Kota Besar Bersih.

Kemudian juga yang terbaru juga Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun menerima TOP Pembina BUMD 2023. Atas banyaknya prestasi yang diraih, DPP Ikatan Putera Pekanbaru mendukung kembali Muflihun menjadi Pj Wali Kota Pekanbaru.

Ketua DPP Ikatan Putera Pekanbaru ( DPP IPP ) H. T. Abdul Rahman mengatakan dalam rentang waktu selama menjabat, Muflihun telah banyak menuai prestasi.

Muflihun-adv2

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. (Dok. Pemko Pekanbaru)

"Ada banyak prestasi yang telah dicapai beliau dalam rentang waktu kepemimpinan Balimau. Ada berbagai penghargaan yang didapat, apalagi beberapa waktu lalu dalam evaluasi yang dilakukan Mendagri, Muflihun masuk dalam 3 besar Pj terbaik se Indonesia," ujarnya. 

"Selain itu Muflihun nota bene anak jati Pekanbaru yang secara langsung mempunyai beban dan tanggung jawab moral dalam pembangunan kota Pekanbaru," imbuhnya. 

Untuk itu Abdul Rahman mempertimbangkan usulan nama Muflihun sebagai Pj Walikota Pekanbaru atas prestasi yang dicapainya dan dapat melanjutkan program-program yang tengah berjalan.

"Kita berharap beliau bisa melanjutkan program yang saat ini sedang berjalan," pungkasnya.