37 Kasus Kebakaran Ditangani DPKP Kota Pekanbaru Hingga April 2023

Ilustrasi-kebakaran2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru berhasil melakukan pengamanan terhadap 37 kasus kebakaran di Kota Pekanbaru mulai Januari hingga April 2023.

"Jadi, sepanjang tahun 2023 ini, DPKP Pekanbaru sudah mengamankan 37 kasus kebakaran bangunan dan lahan di dalam kota dan 5 kasus di luar kota," ujar Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning, Minggu 30 April 2023.

Dirinya merinci, kasus kebakaran yang terjadi di antaranya, 8 bangunan terbakar di bulan Januari, 9 bangunan dan 1 kendaraan selama Februari. Kemudian, pada Maret lalu terjadi 14 bangunan dan 1 kendaraan serta 3 bangunan dan 1 kendaraan terbakar pada April 2023.

Selain itu, dinas yang sempat dikenal sebagai Damkar tersebut juga berhasil mengamankan 5 kasus kebakaran di luar Kota Pekanbaru.


"Yang diluar Kota Pekanbaru, ada 1 kendaraan di bulan Januari, 1 bangunan pada bulan Februari, 1 bangunan pada Maret dan 1 bangunan dan 1 lahan terbakar pada April," paparnya.

Menurutnya, kasus kebakaran pada bangunan sering terjadi karena disebabkan arus listrik pendek atau korsleting listrik. Oleh karena itu, penghuni bangunan diharapkan selalu waspada akan peralatan listrik yang ada di rumah, toko atau kantornya.

"Gunakanlah peralatan listrik yang aman dan berstandar SNI dan lakukan pengecekan untuk memastikan peralatan tidak rusak saat digunakan, sehingga menyebabkan korsleting," ujar mantan Kasatpol PP Kota Pekanbaru ini.