36 Warga Riau Pulang dari Sudan, Syamsuar: Semoga Perang Segera Berakhir

Syamsuar711.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, menyambut kepulangan warga Riau yang tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. 

Sebanyak 36 warga Riau itu dievakuasi dari Sudan yang tengah mengalami konflik bersenjata. Mereka merupakan rombongan pertama dan selanjutnya akan diinapkan di hotel.

Syamsuar mengaku bersyukur untuk kepulangan warganya yang sempat terjebak di tengah konflik bersenjata di Sudan.

Sayangnya, ada satu orang warga asal Rokan Hulu (Rohul) yang kepulangannya harus ditunda karena sakit dan masih dirawat di Jakarta. Sedangkan 4 orang lainnya sengaja beristirahat di Jakarta lantaran memiliki 

keluarga di ibukota.


"Kami berdoa agar peperangan di Sudan segera berakhir. Semua warga dari berbagai negara juga sedang berharap agar bisa kembali ke negaranya masing-masing," harap Syamsuar, Sabtu, 29 April 2023.

Adapun 36 orang WNI tersebut, 2 orang berasal dari Kabupaten Pelalawan, 4 orang asal Kabupaten Bengkalis, dan 9 orang asal Kabupaten Kuantan Singingi. Kemudian, 3 orang asal Kabupaten Rokan Hulu, 12 orang asal Kabupaten Kampar, 3 orang asal Pekanbaru, dan 3 orang lainnya asal Kabupaten Rokan Hilir.

Saat ini, kata Syamsuar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih menunggu kepulangan warga Riau yang akan dipulangkan secara bertahap. 

"Untuk informasi kepulangan masih menunggu dari Kemenlu dan ini diurus oleh Badan Penghubung Riau di Jakarta," terangnya.

Ada sebanyak 128 orang WNI asal Riau yang berada di Sudan. Sementara, 41 orang di antaranya telah pulang ke Tanah Air dalam kloter pertama. WNI lainnya akan pulang dalam kloter kedua.