Konflik Bersenjata di Sudan, 41 Warga Riau Sudah Dievakuasi ke Jakarta

WNI-dievakuasi-dari-sudan-tiba-di-jakarta.jpg
(Foto: Kemlu RI via kumparan)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Sebanyak 128 orang warga negara Indonesia asal Riau telah dievakuasi dari Sudan yang tengah mengalami konflik bersenjata. 41 di antaranya masuk kloter pertama yang dievakuasi dari negara Republik tersebut. Saat ini, ratusan WNI tersebut telah tiba di Jakarta pada Jumat, 28 April 2023.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta, Rido Ardiansyah, mengatakan WNI asal Riau yang telah tiba di Jakarta akan didata oleh kementerian terkait dan akan melakukan pengecekan kesehatan serta konseling.

"Mereka tidak langsung pulang namun menginap di Asrama Haji Pondok Gede terlebih dahulu. Baru kemudian esok hari akan dipulangkan ke Riau," kata Rido saat dihubungi RIAU ONLINE

Rido merincikan 41 orang warga Riau tersebut terdiri dari 13 laki-laki dan 28 perempuan, termasuk satu anak-anak. Sementara belum diketahui daerah asal puluhan warga Riau tersebut.


"Untuk kabupaten kota belum ada. Saat ini masih pendataan dari mana asal tempat tinggal per kabupaten. Semuanya adalah mahasiswa," ulasnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan para WNI yang dievakuasi dari Sudan diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda GA 991 sekira pukul 05.46 WIB. 

"Dari 385 WNI terdiri dari 248 perempuan, 137 laki-laki dan di antara mereka ada 43 anak-anak. Evakuasi secara bertahap," katanya dalam konferensi pers, Jumat pagi.

Retno menjelaskan, WNI yang tiba di Tanah Air merupakan kloter pertama di Sudan yang diterbangkan ke Jeddah kemudian menuju Jakarta. Selanjutnya, mereka akan diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.