Apel dan Halal Bihalal Ditunda, Syamsuar Tinjau Karhutla di Dumai

Karhutla-di-Dumai6.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menunda apel yang sebelumnya diagendakan di hari pertama bekerja setelah cuti bersama Lebaran, Rabu, 26 April 2023. Pasalnya, Gubernur Riau, Syamsuar, tengah melakukan peninjauan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai.

"Iya benar hari ini pak gub meninjau lokasi karhutla di Dumai," ucap Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Erisman Yahya.

Penundaan apel Pemprov Riau bersamaan dengan kegiatan halal bihalal yang juga harus diundur mengikuti instruksi Menpan-RB.

Syamsuar meninjau lokasi karhutla di Dumai yang sudah mulai padam didampingi Kepala Badan Kesbangpol Riau Jenri Salmon Ginting, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Mamun Murod, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Hadi Penandio.


Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bumi Lancang Kuning sudah terjadi saat mendekati Hari Raya Idul Fitri. Api menghanguskan lahan gambut di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis seluas 60 hektare.

Sementara itu, guyuran hujan di Riau membuat hotspot atau titik api pun berkurang. Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa tiga titik api pada hari ini setelah sebelumnya pada Selasa, 25 April kemarin mencapai 31 titik.