Luas Karhutla di Dumai dan Bengkalis Capai 60 Ha

Karhutla-di-dumai1.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis sudah mencapai 60 hektare lebih sejak 18-23 April 2023.

"Luas lahan gambut yang terbakar perkiraan mencapai 60 hektar dan 40 hektar di antaranya telah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan," ujar Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasihan Rahmadi, Rabu, 26 April 2023.

Brigjen Rahmadi menyebut 15 hektare lainnya masih mengeluarkan asap dan akan dilanjutkan dengan pendinginan lahan. 

"Untuk mencegah kebakaran meluas, kami terus berupaya melakukan sekat guna memutus penjalaran api," lanjutnya di lokasi kebakaran. 

Jenderal bintang satu ini mengaku dirinya dan tim kewalahan memadamkan api karena lahan gambut ditambah hembusan angin kencang. 


Selain itu, akses jalan menuju lokasi pemadaman sangat sulit dilalui dengan berjalan kaki dan ditumbuhi semak belukar serta sumber air yang sulit di dapat. 

Sehingga, jalan perintis pun dibuat untuk memudahkan mobilisasi personel serta alat pemadaman. Parit serta embung juga dibuat sebagai cadangan sumber air untuk kegiatan pemadaman dan membatasi laju api yang menuju ke arah selatan dan timur dari bagian lahan yang telah terbakar.

"Kami tetap berupaya maksimal dalam memadamkan api, dan pemadaman serta pendinginan masih dilanjutkan hingga hari ini agar kebakaran tidak meluas dan asapnya tidak mengganggu kualitas udara di Kota Dumai maupun wilayah sekitar Kota Dumai," tegas Wakapolda Riau.

Wakapolda Riau mengajak dan mengimbau masyarakat untuk sama-sama berdoa dan melaksanakan Salat Istisqa agar hujan segera turun khususnya di lokasi karhutla.

"Namun apabila hujan tak kunjung turun, maka Satgas Karhutla Polda Riau bersama Satgas Karhutla Polres Dumai dan instansi terkait lainnya akan tetap bertahan melakukan pemadaman dan pendinginan Karhutla. Kepada seluruh anggota di lapangan agar tetap semangat dan pantang pulang sebelum padam," pungkasnya.