Jumlah Penumpang Kapal di Pelabuhan Sungai Duku Naik, Tiket KM Jelatik Ludes

KM-Jelatik1.jpg
(ANTARA FOTO/Rony Muharrman via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pelabuhan Sungai Duku mulai dipadati calon pemudik. Sejumlah tiket kapal bahkan telah habis terjual.

Petugas Syahbandar Fiktori, mengatakan H-7 menjelang lebaran, jumlah penumpang mengalami kenaikan hingga 25 persen dibandingkan hari biasa, atau 70 persen dari kapasitas angkut penumpang. Begitu pula untuk kedatangan.

Bahkan, tiket untuk KM Jelatik tujuan Selatpanjang, Kepulauan Meranti, dengan tanggal 18 dan 20 April 2023 telah habis terjual pada Sabtu, 15 April 2023.

"Untuk KM Jelatik tiket sudah penuh. Dihimbau untuk masyarakat kota dan pinggir Pekanbaru agar mencari alternatif via buton atau menggunakan speedboat Pelabuhan Sungai Duku via Nagaline dan Meranti," urainya.



Meski begitu, para penumpang pun harus mengkonfirmasi terlebih dahulu ke agen tiket perihal waktu keberangkatan yang diinginkan.

Sementara untuk harga tiket, Fiktori menyebut tida ada kenaikan. Untuk KM Jelatik Rp162 ribu sedangkan speed boat Naga Line dan Meranti Jaya Express Rp 237 ribu untuk reguler, dan Rp 270 ribu untuk VIP.

Pelabuhan Sungai Duku saat inii telah mendirikan posko pengamanan dan pelayanan sejak 7 April 2023 sampai 8 Mei 2023. Sebelumnya telah dilakukan uji petik atau pemeriksa kelaiklautan kapal di Pelabuhan Sungai Duku.

"Pasca dilakukan pemeriksaan oleh inspektur, ketiga armada yang dinyatakan layak laut maka dapat dioperasikan untuk mudik," imbuhnya.

Adapun pihak yang berpartisipasi di UPTD Pelabuhan Sungai Duku, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kepolisian Sektor Pelabuhan, Polairud Polda Riau, Basarnas, Koramil, dan PROP.