Mudik Lebaran, Pelabuhan Sungai Duku Mulai Dipadati Pemudik

Meranti-Jaya-Express1.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Calon pemudik mulai memadati Pelabuhan Sungai Duku, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru. Mereka bakal melakukan mudik menggunakan jalur laut.

Sebelum memasuki kapal, para pemudik pun harus melakukan cek suhu dan tetap menggunakan masker. Menjaga protokol kesehatan tetap masih diberlakukan di segala jalur mudik.

Petugas Syahbandar, Fiktori, sebanyak 104 orang calon pemudik hilir mudik di Pelabuhan Sungai Duku hingga Sabtu, 15 April 2023 pagi.

 "Jadi sebanyak 104 penumpang dari Meranti Jaya Express yang menggunakan armada Kapal KM Jelatik. Kapal ini dapat menampung 169 penumpang," sebutnya.


Selain membawa penumpang, KM Jelatik juga mengangkut logistik untuk masyarakat Kepulauan Meranti. Terlihat, beberapa beras, kentang, dan barang dagangan lainnya ada di dalam kapal legendaris warga Meranti.

Sementara, untuk keberangkatan ke Meranti ada sebanyak 71 orang dewasa. Para penumpang ini menggunakan armada speedboat Meranti Express yang jika penuh, kursi akan berisi 104 penumpang.

Menurut, seorang penumpang Septia, mudik ke kampung halaman sudah menjadi agenda rutin tahunan. Bertemu sapa dan bersilaturahmi dengan keluarga.

"Pasti pulang. Kalau mau cepat kadang saya pakai Meranti atau Naga Line. Cuma itu harus transit. Kalau punya waktu luang dan mau nyantai dan ga transit pakai Jelatik," ujarnya.