Mal di Pekanbaru Ramai Jelang Lebaran, Dishub: Jangan Parkir Sembarangan

Radinal-munandar5.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru makin ramai jelang Idul Fitri 1444 H. Volume kendaraan yang parkir di tepi jalan umum pun meningkat dan menyebabkan kemacetan.

Kemacetan terjadi di sekitar pusat perbelanjaan pada sore hingga malam hari. Ada sejumlah lokasi menjadi perhatian dari Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru karena parkirnya membludak.

Lokasi tersebut di antara ruas Jalan Jenderal Sudirman depan Sukaramai Trade Centre (STC). Lalu persimpangan SKA di depan Living World dan depan Mal SKA.

"Ketiga lokasi tersebut saat ini ramai pengunjung, sehingga parkir dalam pusat perbelanjaan penuh. Pengunjung pun memilih untuk parkir di luar," ujar Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Radinal Munandar, Senin 10 April 2023.

Dirinya menyadari bahwa di kawasan itu menjelang momen lebaran bakal dipenuhi oleh kendaraan pengunjung yang parkir sehingga berpotensi muncul kendaraan yang parkir sembarangan.


Untuk itu, kata Radinal, ada petugas di lapangan yang mengawasi kendaraan agar tidak parkir di badan jalan. Pihaknya melakukan pengawasan layanan parkir tepi jalan umum terutama yang rawan kemacetan.

"Kita siagakan sebanyak 40 orang petugas yang diterjunkan melakukan pengawasan di titik keramaian," ulasnya.

Pengawasan di titik parkir keramaian guna memastikan arus lalu lintas di sekitar titik keramaian berjalan lancar. Para petugas di lapangan juga mengingatkan masyarakat agar tidak parkir sembarangan.

Mereka juga mencegah adanya kendaraan parkir hingga memakan badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Para petugas di lapangan tidak segan menindak oknum juru parkir yang membuat kantong parkir baru tanpa izin.

Mereka yang melanggar regulasi parkir bakal ditindak tegas. Ada sanksi berupa imbauan hingga berupa teguran.