Tingkatkan Mutu Pendidikan, Tanoto Foundation Kolaborasi dengan Pemko Pekanbaru

Tanoto-Foundation-kunjungi-sekda.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tanoto Foundation Riau melakukan silaturahmi dan audiensi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Indra Pomi. Rombongan Tanoto Foundation mendapat sambutan secara langsung dari Sekda Indra Pomi Nasution di kantor Wali Kota komplek perkantoran Tenayan Raya Pekanbaru, Rabu, 5 Maret 2023.

"Sebelumnya saya sudah tahu apa itu Tanoto Foundation, saat itu saya masih menjabat Kadis PUPR Pekanbaru, sejak itu saya tahu bahwa Tanoto Foundation ini membantu pemerintah dalam rangka menyelenggarakan pendidikan," ujarnya dalam rilis diterima RIAU ONLINE, Kamis, 6 April 2023.

Indra menambahkan, Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan baru di Indonesia, pembangunan di Pekanbaru sangat pesat. Namun untuk mewujudkan itu semua perlu generasi penerus yang paham perkembangan pembangunan. Untuk itu generasi penerus kita harus memahami dan memiliki kecakapan literasi dan numerasi.

"Harapan kita dengan pendidikan yang baik suatu saat kita mempunyai duta-duta di pemerintahan pusat yang bisa memperhatikan Riau untuk pembangunan Riau kedepannya," jelasnya.

Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau Dendi Satria Buana mengatakan silaturahmi dan audiensi ini dalam rangka komunikasi dan sinergi bersama Pemerintah Kota sebagai langkah peningkatan mutu pendidikan di Kota Pekanbaru.

"Audiensi ini  merupakan komunikasi dan sinergi bersama Pemerintah Kota dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kota Pekanbaru," ucapnya.


Dalam kunjungan tersebut, Dendi melaporkan mengenai Profil Pendidikan Pekanbaru berdasarkan hasil Rapor Pendidikan Tahun 2021. Program Pendidikan di Kota Pekanbaru perlu berfokus pada membantu siswa dengan keterampilan numerasi masih dibawah kompetensi minimum, meningkatkan implementasi pembelajaran HOTS (higher order thinking skills) khususnya jenjang SD, memperbaiki pengelolaan pembelajaran oleh kepala sekolah.

Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Pekanbaru perlu berfokus pada percepatan guru untuk login Platform Merdeka Mengajar (PMM), membantu guru untuk menyelesaikan topik sampai aksi nyata dan memperbanyak jangkauan sekolah untuk lulus topik PMM. 

"Hal ini menjadi fokus Tanoto Foundation untuk mendukung bagaimana percepatan IKM dan PMM khususnya sekolah mitra  yang login PMM lebih bisa cepat dalam ketuntasannya, salah satu yang kita jangkau aktivasi gugus Kelompok Kerja Guru dan mendukung komunitas belajar," jelasnya.

Sekda Indra menambahkan kerjasama ini akan tetap terjalin untuk mewujudkan pendidikan berkualitas melalui peningkatan literasi, numerasi, dan kualitas guru di Kota Pekanbaru. "Pemerintah Kota Pekanbaru meminta dukungan kepada Tanoto Foundation untuk merancang roadmap pendidikan Kota Pekanbaru untuk 5 tahun kedepan," jelasnya.

Dendi Satria Buana sebelum mengakhiri kunjungan mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kolaborasi selama ini dengan Pemerintahan Kota, Dinas Pendidikan dan Sekolah, semua ini kita lakukan bersama-sama untuk peningkatan mutu Pendidikan di Kota Pekanbaru.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Ketua Pokja Perencanaan Berbasis Data dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan BPMP Riau Hari Laksana.