100 Warga Tualang Menerima Zakat di Program Gemar Siak Berzakat

Bupati-siak-salurkan-zakat.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Sebanyak 100 orang warga yang menjadi mustahik di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, menerima pendistribusian zakat tahap I. Zakat yang diserahkan berupa uang Rp 300 ribu dan sembako senilai Rp 200 ribu di Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat, Baznas Siak tahun 2023 di Masjid Nurul Hidayah, Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Senin 3 April 2023.

Ketua Baznas Kabupaten Siak, Samparis, melaporkan bahwa untuk pengumpulan zakat di Kecamatan Tualang tahun 2022 totalnya mencapai Rp 172 juta. 

Selama 2022 pengumpulan zakat dari masyarakat Kecamatan Tualang mencapai Rp 224 juta, sementara zakat yang disalurkan oleh Baznas di Kecamatan Tualang selama satu tahun kemarin sebesar Rp 1 miliar lebih.

“Artinya ketika bapak ibu menyalurkan zakatnya melalui Baznas, sudah pasti zakat tersebut akan dikembalikan ke kecamatannya,” kata Samparis. 


"Harapan kami mudah-mudahan di tahun ini masyarakat Kecamatan Tualang mau bergabung kepada Baznas, mengikuti sunnah rasul membayar zakat itu melalui amil,” ucap Samparis. 

Setelah menyerahkan secara simbolis Pendistribusian Zakat Tahap I tahun 2023 pola Konsumtif kepada perwakilan mustahik. Pada Gemar Siak Berzakat dan Pendistribusian Zakat Tahap I tahun 2023 di Kecamatan Tualang, Bupati Siak, Alfedri memberikan penghargaan Baznas Award kepada UPZ terbaik se Kecamatan Tualang.