Pembangunan Kios Sementara Pasar Cik Puan Pekanbaru Molor

Progres-kios-sementara-cik-puan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pedagang di Pasar Cik Puan belum bisa menempati kios sementara. Awalnya mereka diperkirakan bisa menempati kios sementara pada awal Ramadan.

Namun pengerjaannya sudah melebihi target awal pembangunan. Proses pembangunan ditargetkan rampung dalam dua pekan.

Hingga kini para pekerja menggesa proses pembangunan ratusan kios sementara di Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru. Pembangunan ini bagi korban kebakaran pasar pada 19 Februari 2023 silam.

Kondisi terkini di lapangan sebagian besar kios sementara sudah tuntas. Sejumlah kios sementara belum punya lantai dan pintu. Akses jalan di kawasan kios sementara juga belum tuntas.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengklaim kios sementara bagi para pedagang hampir tuntas pengerjaannya. Ia menyebut bahwa persentase pembangunannya sudah mencapai 90 persen. 


"Pengerjaan kios sementara yang tinggal sepuluh persen lagi. Kini tinggal lantainya saja lagi, mereka mau menimbun lantai dengan material," paparnya, Rabu 29 Maret 2023.

Indra mengaku proses pembangunan terkendala kondisi cuaca hujan. Ia mengatakan bahwa para pekerja di lokasi kesulitan menimbun lantai kios saat hujan turun.

"Ini satu dua hari ini panas, sudah mulai ditimbun lantai kios. Semoga di akhir pekan ini para pedagang bisa menempati kios sementara," ujarnya.

Ia menyebut proses pemindahan sesuai dengan hasil pengundian untuk menempati kios sementara. Cara ini bertujuan agar pedagang di pasar memiliki zona berjualan.

Ada zona toko emas, sayur, ikan, daging dan lainnya. Zona ini untuk mengelompokkan tempat berjualan sehingga menambah kenyamanan bagi pengunjung.