Sejumlah Ruas Jalan Masih Rusak Berat, Ini Tanggapan Dinas PUPR Pekanbaru

Jalan-rusak-di-delima.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ruas jalan rusak masih ada di sejumlah titik, seperti di ruas Jalan Delima, Kota Pekanbaru. Ada sejumlah titik yang mengalami rusak berat di sepanjang jalan tersebut.

Kondisi ini jelas mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. Apalagi ruas jalan ini menjadi akses menuju Jalan HR Soebrantas dan Jalan Soekarno-Hatta.

Jalan rusak juga terpantau di ruas Jalan Melati dan Jalan Melur. Sementara itu, dalam akun instagram @dinaspuprpekanbaru mengklaim telah menyelesaikan perbaikan jalan Januari hingga Februari 2023.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mengklaim sudah memperbaiki sebanyak 323 titik jalan rusak. Ratusan titik itu tersebar di 33 jalan yang ada di berbagai kecamatan Kota Pekanbaru.

Mereka pun berencana melakukan perbaikan secara bertahap hingga menjelang Idul Fitri 1444 H. Perbaikan pada tahun ini bakal melakukan overlay atau pelapisan kembali di sejumlah ruas jalan. 


Ada tiga ruas jalan yang bakal diperbaiki secara overlay yakni Jalan Delima, Jalan Suka Karya dan Jalan Dahlia. Proses perbaikan ruas jalan ini menggunakan APBD tahun 2023. 

"Untuk perbaikan ketiga ruas jalan ini kita menggunakan anggaran APBD," jelas Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Jumat 17 Maret 2023.

Ruas jalan lainnya bakal menjalani perbaikan secara overlay yakni Jalan Parit Indah, Jalan Pemuda, Jalan Firdaus dan Jalan Tanjung. Perbaikan keempat ruas jalan ini berlangsung setelah mendapat kucuran anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu).

Edward mengatakan bahwa sistem saat ini harus memasukan pengawasan dulu setelah itu baru proses fisik. Ia menyampaikan bahwa saat ini proses perbaikan ruas jalan sudah tahap proses dokumen lelang.

"Kita setelah ada dana dari bantuan keuangan, kita langsung lakukan lelang. Sekarang sudah proses dokumen lelang. Total ada 23 ruas jalan nanti diperbaiki dengan tambal sulam," pungkasnya.