Plt Sekwan DPRD Riau Diganti Lagi, Komisi I: Ganggu Proses Administrasi Dewan

DPRD-Riau5.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jabatan Sekretaris DPRD (Sekwan) Riau kembali mengalami pergantian dan masih dijabat pelaksana tugas (Plt). Semenjak Muflihun dilantik sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, pergantian Sekwan DPRD Riau telah dilakukan hingga tiga kali.

Kali ini, Rony Rakhmat sebagai Kadis Pariwisata Riau menggantikan Tengku Fauzan Tambusai sebagai Plt Sekwan DPRD Riau.

Menanggapi itu, Ketua Komisi I DPRD Riau, Eddy A Mohd Yatim, mengaku belum bertemu dengan Plt Sekwan yang baru. Hal itu dikarenakan beberapa hari terakhir, Anggota DPRD Riau memang melaksanakan reses di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing dan ada yang mengikuti Bimtek di Parpol.

"Intinya kami dari Komisi I, kami tidak ingin aktivitas kegiatan-kegiatan di Setwan terganggu. Kemarin kita sudah ingatkan juga, bahwa dalam proses pergantian itu ternyata sangat mengganggu dalam Ke-Setwan-an berkegiatan," kata Eddy, Jumat, 17 Maret 2023.

"Kalau terus berganti Plt akan berpengaruh pada administrasi. Nanti diulang lagi proses administrasi yang berjalan," ujarnya.


Ia mengatakan, perihal definitif, wilayahnya berada di ketua-ketua fraksi dan pimpinan. Menurutnya di Komisi I, melihat proses berganti-ganti ini mengganggu aktivitas, terutama administrasi keuangan dan kegiatan lain.

"Kemarin itu juga yang membuat THL kita terlambat gajian. Tapi, siapa yang dikehendaki, wilayahnya pimpinan dan ketua-ketua fraksi," tegasnya.

Komisi I DPRD Riau pun berharap ke depan tidak ada lagi ada gonta-ganti pejabat di Setwan DPRD Riau.

"Tetapi kami dari Komisi I berharap ini tidak berganti-ganti karena akan mengganggu administrasi kegiatan-kegiatan di sekretariat dewan," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar, menunjuk Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Roni Rakhmat sebagai Plt Sekwan DPRD Riau.