Pembangunan Kios Sementara Pasar Cik Puan Digesa Jelang Ramadan

Pembangunan-kios-sementara.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses pembangunan kios sementara bagi pedagang di Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru terus digesa. Para pedagang pun diharapkan bisa berjualan kembali di kios tersebut pada awal Ramadan 1444 H.

Kerangka atap dari kios sementara segera terpasang dalam beberapa hari ini. Total ada 220 kios yang dibangun untuk pedagang terdampak kebakaran Pasar Cik Puan pada 19 Februari 2023 silam.

"Insya Allah hari ini sudah naik atapnya, sehingga sudah nampak tegak. Kita pengerjaan dilanjut dinding dan lantainya," terang Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Jumat 17 Maret 2023.

Dirinya berharap kondisi cuaca tetap cerah sehingga pengerjaan kios sementara tidak mengalami kendala. Pembangunan ratusan kios ini harus rampung dalam 14 hari.


Zulhelmi menyebut, pihaknya juga menyiapkan tiga jalan akses dalam Pasar Cik Puan. Lebar jalannya berkisar tiga hingga empat meter agar mempermudah aktivitas di dalam pasar.

Kemudian untuk pasar itu nantinya juga memiliki hydrant maupun penampungan air. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kebakaran di pasar ini.

"Kita tidak hanya membangun kembali kios, tapi menyiapkan sarana mendukung upaya pemadaman kebakaran," jelasnya.

Anggaran pembangunan kios sementara ini mencapai Rp 2,6 miliar. Anggaran tersebut digelontorkan dari dana Belanja Tidak Tetap (BTT) dalam APBD Kota Pekanbaru tahun 2023.