Bersin-bersin, Mendag Ngaku Alergi Barang Bekas Impor di Pekanbaru

Mendag-tinjau-barang-bekas9.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengaku alergi dengan barang bekas impor. Mendag yang akrab disapa Zulhas itu bahkan bersin-bersin saat memegang barang bekas impor.

Hal ini disampaikan Zulhas saat pemusnahan pakaian bekas diduga impor di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BPRS), Pekanbaru, Jumat, 17 Maret 2023.

"Memegangnya saja saya sudah bersin, apalagi memakainya," ujar Zulkifli Hasan sebelum pemusnahan pakaian bekas Impor. 

Ketua Umum (Ketum) PAN ini mengatakan kalau peredaran pakaian bekas impor memang tengah marak di Indonesia. Terlebih lagi, banyak jalur tikus yang memudahkan barang bekas impor masuk ke Tanah Air

"Kita perlu kerja sama semua pihak, polisi, bea cukai, pemda dan terutama masyarakat. Karena masyarakat yang lebih mengetahui hal ini," paparnya. 


Adapun barang bekas yang dimusnahkan pakaian, tas, dan sepatu dari luar negeri. Total keseluruhan 730 bal yang dimusnahkan yang nilainya mencapai Rp 10 miliar.

“Hal ini merupakan tindak lanjut pengawasan terhadap perdagangan dan impor pakaian bekas yang kami lakukan secara berkelanjutan,” sebut Zulhas.

Zulhas menjelaskan larangan barang bekas impor berdasarkan pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

"Selain penegakan hukum, langkah edukasi dan sosialisasi penggunaan produk dalam negeri juga harus dilakukan," pungkasnya.