KPU Pekanbaru Klaim Proses Coklit Data Pemilih Rampung 100 Persen

coklit.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru mengklaim proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih sudah rampung 100 persen. Tahapan itu sudah selesai pada Selasa 14 Maret pukul 23.59 WIB, lalu.

"Sebelum jam 12 malam kemarin, coklit di Pekanbaru sudah 100 persen sudah selesai. Beberapa waktu lalu memang masih ada, misalnya data ganda dan lainnya," kata Ketua  KPU Pekanbaru, Anto Merciyanto, Rabu, 15 Maret 2023.

Anto menuturkan, segalanya sudah selesai secara fisik, namun memang ada di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tim coklitnya belum selesai input di aplikasi.

"Mungkin karena jaringan belum stabil," kata dia. 


Ada juga yang kedapatan pemilih ganda. Tapi, katanya, itu sudah diselesaikan dan disesuaikan 100 persen sebelum penutupan. Ia mengungkap, data pemilih di Pekanbaru ada 777.142.

Lanjut dia, terkait adanya temuan dugaan pelanggaran selama pencoklitan oleh Bawaslu Pekanbaru, KPU akan menunggu laporan.

"Nanti setelah dilaporkan baru akan kita lihat dan pertimbangkan seperti apa saja pelanggarannya," kata dia. 

Saat ini, karena proses Coklit sudah selesai per tanggal 14 Maret 2023, maka KPU melanjutkan ke proses persiapan selanjutnya.