Tingkatkan Pendapatan Pajak, DPRD Riau Minta Pemerintah Optimalkan Pelayanan

Ketua-Komisi-III-DPRD-Riau-Markarius-Anwar.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi III DPRD Riau, Markarius Anwar, menyampaikan pihaknya mendorong pemerintah mengoptimalkan pelayanan pajak guna meningkatkan pendapatan.

Menurut dia, pendapatan di sektor pajak dan retribusi hari ini cerminan dari pelayanannya. Sehingga, jika pelayanan pemerintah semakin baik dan mudah dijangkau, maka orang akan mudah membayar pajak.

"Sekarang kan di beberapa daerah juga sudah ada drive thru, bisa memudahkan orang untuk membayar pajak. Makanya inovasi seperti ini perlu didorong terus," katanya Markarius, Senin, 13 Maret 2023.

Apalagi, kata Politikus PKS itu, pemerintah juga sudah membuat program penghapusan denda pajak kendaraan bermotor di awal tahun. 


"Ini capaian yang luar biasa juga, karena sebelumnya di akhir tahun itu susah masyarakat menunggunya lama," katanya. 

Markarius juga menyoroti, banyaknya perusahaan yang beroperasi di Riau, tapi kantornya di pusat. Maka perusahaan tersebut membayar pajaknya ke pusat. 

"Ini yang kami minta harus dialihkan ke daerah. Termasuk mobil-mobil yang dari pusat digunakan di daerah, harusnya balik nama lah. Terutama truk-truk pengangkutan. Kami minta pemerintah ada pendekatan persuasif juga lah ke perusahaan," tutup Markarius. (Adv DPRD Riau