Kenapa Perbaikan Tugu Selais Pekanbaru Butuh Waktu Lama?

Tugu-Selais-Tumbang.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perbaikan Tugu Selais Tiga Sepadan yang ambruk ternyata butuh waktu yang tidak sebentar. Ikon Kota Pekanbaru yang roboh sejak Kamis 23 Februari 2023 itu memerlukan waktu perbaikan hingga sebulan lebih.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Langgeng. Menurutnya, lamanya proses perbaikan selain ada kendala teknis juga dikarenakan cuaca yang sering hujan.

"Jadi memang agak susah karena di dalam Tugu Ikan Selais agak sempit. Selain itu juga harus ngecat lagi, terus fiber itu kan harus yang panas. Kalau musim mendung ini susah keringnya. Sekitar satu bulan atau satu bulan setengah perbaikannya," paparnya, Minggu 26 Februari 2023.

Pihaknya sudah mulai melakukan perbaikan sejak Sabtu, 25 Februari 2023 kemarin. Tahap awal akan dibangun scaffolding di sana. Mereka membawa semua alat ke lokasi perbaikan. 


Ia menyampaikan penyebab ambruknya Tugu Selais. Dari pengecekan yang telah dilakukan, besi-besi yang ada di Tugu Selais tersebut sudah keropos lantaran tugu tersebut sudah berumur lebih dari 10 tahun.

"Itu tumbangnya karena sudah keropos, sudah lapuk besi-besi di dalam itu. Jadi, perbaikan akan dilakukan di tempat. Setelah Scaffolding sudah berdiri, Tugu Ikan Selais itu kita dirikan dulu. Setelah didirikan, di dalamnya itu kita ganti besinya, kita las baru kita perbaiki," jelasnya.

Tugu Selais Tiga Sepadan ini dibangun di era kepemimpinan Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah, yang diresmikan pada Kamis, 14 Juli 2011. Saat ini posisinya berada di median Jalan Jenderal Sudirman, di antara komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Kaca Mayang.

Tugu tersebut berbentuk tiga ekor ikan Selais seperti berpelukan yang memiliki makna. Menggambarkan karakter masyarakat Melayu Provinsi Riau hidup dalam kerukunan dan kedamaian serta menanamkan kasih sayang di setiap tindakan dan pergaulannya.