Wakil Dekan Batal Dilantik Gegara Didemo, Alumnus: Lemahnya Kepemimpinan Rektor Unri

Demo-mahasiswa-unri-di-rektorat.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau (Fisip Unri), Jenewar Effendy, menanggapi batalnya pelantikan Wakil Dekan (WD) III Bidang Kemahasiswaan, Saiman Pakpahan, Senin, 20 Februari 2023.

Saiman batal dilantik oleh Rektor Unri, Sri Indarti, setelah adanya unjuk rasa oleh sejumlah mahasiswa di depan gedung rektorat hingga mengakibatkan pintu kaca gedung pecah. 

Menurut Jenewar, batalnya pelantikan WD III adalah preseden buruk bagi Unri dan membuktikan lemahnya kepemimpinan rektor.

"Ini jadi preseden buruk bagi Unri dan di sinilah lemahnya kepemimpinan rektor. Masa demo 15 orang saja bisa membatalkan pelantikan," tegas Jenewar kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 21 Februari 2023.


Jenewar menilai hal ini menjadi PR bagi Rektor Unri untuk bersikap bijak dalam pengambilan keputusan. 

"Apa rektor tidak merasakan keibaan hati seorang ibu dan anak yang sedih melihat suami dan ayahnya tidak jadi dilantik hanya karena lemahnya kepemimpinan dia?" lanjut Jenewar. 

Alumnus Fisip Unri tahun 1996 ini berharap rektor dapat mengambil sikap yang sama, membatalkan pelantikan jika ada yang mendemo bahkan dengan kapasitas yang lebih besar. 

"Ke depan, kalau ada pelantikan lagi, dan ada demo yang mungkin bisa lebih besar, konsekuensinya rektor juga harus membatalkan pelantikan itu," pungkasnya.