Kapolda Riau Raih Penghargaan dari Lemkapi untuk Upaya Berantas Narkotika

Kapolda-Riau-terima-penghargaan.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal, meraih penghargaan atas upayanya memberantas peredaran narkotika di Provinsi Riau. Penghargaan Presisi Award itu diberikan oleh Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

Selain itu, Lemkapi turut mengganjar Polda Riau dengan satu penghargaan untuk upaya membenahi pelayanan kepada masyarakat dalam mewujudkan program presisi kapolri.

Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Saputra Hasibuan mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada seluruh anggota Polda Riau. 

“Selama dua bulan ini kami melakukan pengamatan terhadap kinerja Polda Riau dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Edi Saputra, Selasa, 21 Februari 2023. 

Edi mengungkapkan, melalui program Jumat Curhat yang dilaksanakan Polda Riau, masyarakat menjadi semakin nyaman dalam memberikan informasi kepada polisi. 

“Dalam hal program kapolri, Jumat Curhat, masyarakat merasakan bisa menyampaikan informasi kepada polisi,” ungkapnya. 


Dalam penilaiannya, Lemkapi mencatat, selama kepemimpinan Irjen Muhammad Iqbal, peredaran 1,02 ton narkotika jenis sabu dapat digagalkan. 

“Dalam pemberantasan narkoba, kami mencatat ada 1,02 ton sabu dalam setahun, ini pekerjaan sangat berat melindungi masyarakat dari peredaran narkotika,” jelasnya. 

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal mengaku sangat bangga dengan penghargaan ini karena bekerja memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat. 

“Bagi kami award ini adalah motivasi dan vitamin bagi Polda Riau untuk melindungi dan melayani masyarakat,” ujar Irjen Iqbal. 

Irjen Iqbal mengungkapkan, senjata utama kepolisian dalam memelihara kamtibmas bukanlah pistol atau borgol, melainkan komunikasi kepada masyarakat.

“Senjata utama kepolisian dalam memelihara kamtibmas bukan pistol, bukan watercanon, bukan borgol, tetapi komunikasi, bagaimana kita berkomunikasi intens dengan masyarakat,” katanya. 

Jenderal bintang dua itu mengatakan, banyak informasi dari masyarakat dalam keberhasilan pengungkapan peredaran narkotika. 

“Tidak sedikit informasi masyarakat yang bermuara pada keberhasilan, contohnya pengungkapan narkoba, dan dari Jumat curhat ini kita dapatkan info masyarakat yang sangat penting,” tutupnya.