Pasar Cik Puan Terbakar, Disperindag Sediakan Lokasi Alternatif Berdagang

kebakaran-pasar-cik-puan8.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Para pedagang di Pasar Cik Puan tidak bisa berdagang lantaran kiosnya kini tinggal puing. Kios mereka ludes saat kebakaran hebat pada Minggu, 19 Februari 2023, kemarin.

Untuk sementara, para pedagang korban kebakaran Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru bakal ditempatkan di bangunan terbengkalai dalam area pasar itu. Mereka berjualan sementara di sana sembari proses pembersihan puing bekas kebakaran.

 

"Kalau seandainya pedagang mau, kita akan geser ke bangunan yang ada ini, di bagian bawah saja," ujar Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Hendra Putra, Senin 20 Februari 2023.

 

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru. Ia menyebut, rencananya lokasi tersebut bakal dibersihkan lebih dahulu sebelum ditempati pedagang.

 

Ia menyebut pemindahan ini tentu sesuai kesepakatan dengan para pedagang pasar itu. Pihaknya hingga kini masih menjaring aspirasi dari para pedagang di Pasar Cik Puan.


 

"Ada pedagang kering di kios, kemudian di bagian belakang pedagang basah, sayuran, ikan, daging dan ayam. Itulah langkah yang kita coba tawarkan," jelasnya.

 

Sementara itu, bangunan Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru belum kunjung berfungsi. Padahal pembangunan pasar ini sudah mangkrak sekitar sepuluh tahun lebih.

 

Kondisi bangunan berlantai tiga di Jalan Tuanku Tambusai ini terbengkalai tanpa dinding. Rangkaian pembangunannya sendiri berlangsung pada tahun 2010 silam, namun hingga kini belum ada perkembangan berarti.

 

 

 

Pemerintah Kota Pekanbaru belum memastikan kelanjutan pembangunan pasar tersebut. Padahal Pemerintah Provinsi Riau resmi menyerahkan aset Pasar Cik Puan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru pada 30 April 2021