Kapolri Perintahkan Polda Aktifkan Satgas Manggala Agni Demi Cegah Karhutla

Kebakaran-hutan-dan-lahan5.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE - Kepolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, memerintahkan Polda dan jajarannya untuk kembali mengaktifkan Satgas Manggala Agni untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Instruksi ini merupakan tindak lanjut Kapolri untuk arahan Presiden Jokowi yang meminta TNI-Polri mewaspadai terjadinya karhutla.

"Terkait masalah karhutla, hari ini kita juga sudah bahas dan kita ingatkan ke Polda yang memang selama ini menjadi polda yang sering terjadi karhutla untuk segera mengaktifkan kembali satgas," ujar Sigit, dikutip dari kumparan, Jumat, 10 Februari 2023.

Kapolri Sigit menegaskan pihaknya akan tetap melakukan pemantauan terhadap asap atau kebakaran melalui teknologi yang telah disiapkan. Harapannya, karhutla dapat ditanggulangi dengan cepat.


"Alat-alat yang harus disiapkan manakala terjadi kebakaran itu semua kita minta untuk aktifkan sehingga begitu ada titik hotspot segera bisa dipadamkan," katanya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan karhutla harus segera diwaspadi mengingat El Nino diperkirakan akan terjadi sekitar akhir Februari-Maret 2023 mendatang.

Jokowi mewanti-wanti TNI-Polri khususnya di daerah rawan karhutla, seperti Riau, Sumatera Utara, dan Kalimantan. Ia bahkan menegaskan janji 7 tahun yang lalu tentang pencopotan pimpinan TNI-Polri, seperti Kapolda, Pangdam, dan Danrem, jika tidak bisa mengatasi karhutla di daerahnya.

"Janjinya tetap. Tadi saya ulangi mengenai janjian, 7 tahun yang lalu masih berlaku sampai sekarang," tegas Jokowi usai Rapimnas TNI-Polri di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.