Antisipasi Kenaikan Harga Cabai Jelang Ramadan, Gubri Diminta Subsidi Transportasi

Pedagang-cabai-di-pasar-pekanbaru2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pasokan bahan pangan di Kota Pekanbaru kebanyakan datang dari daerah tetangga seperti Provinsi Sumatera Barat. Seperti bahan pangan prioritas cabai merah dan beras.

Namun, harga komoditi pangan jelang momen Ramadhan 1444 H diperkirakan mengalami peningkatan. Kondisi ini seiring tingginya angka inflasi sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat.

Kondisi tersebut juga bakal berdampak pada harga bahan pangan di Kota Pekanbaru yang bisa mengalami lonjakan.

"Kemungkinan membuat harga bahan pangan di Pekanbaru bisa tinggi," jelas Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Kamis, 9 Februari 2023.

Menurutnya, kondisi tersebut sudah jadi bahasan tim satgas pangan bersama tim pengendalian inflasi di Pekanbaru. Mereka bakal meminta kepada Gubernur Riau agar bersedia memberikan subsidi transportasi bagi angkutan bahan pangan.


Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tidak bisa memberi subsidi transportasi bagi angkutan bahan pangan. Pasalnya, bahan pangan tersebut tidak cuma didistribusikan ke kota ini saja tapi juga daerah lainnya di Riau.

"Maka mungkin pasnya, subsidi transportasi angkutan bahan pangan nantinya bisa diberikan Pemerintah Provinsi Riau," kata Indra.

Lanjutnya, tim satgas pangan juga bakal melakukan upaya intervensi harga dengan beberapa cara. Satu caranya dengan gerakan menanam cabai merah di pekarangan rumah.

Cara ini sebagai langkah antisipasi kenaikan harga cabai pada momen Ramadan dan Idul Fitri. 

"Kita masih mengimbau masyarakat terus melanjutkan gerakan menanam cabai," paparnya.