Mantan Kapolda Kunjungi Aula Agung Setya Imam Effendi Rumah Toleransi Ansor Riau

kapolda-riau-agung-imam.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah Toleransi Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Riau di Jalan KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru, mendapat kunjungan dari mantan Kapolda Riau 2019-2021, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, yang kini menjabat Asisten Asisten Operasi Kapolri, Sabtu, 4 Februari 2023.

Kedatangan itu ditunggu dan disambut hangat Ketua PW GP Ansor Riau, Purwaji beserta jajaran kepengurusan dan kader, serta Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) yang terdiri para pengasuh beberapa pondok pesantren di Kota Pekanbaru, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Pergerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (PMII).

Dalam kegiatan silaturahmi itu mengatakan sosok Agung sudah di-declare sebagai orang tua Ansor Riau. Agung yang menginisiasi diciptakannya aplikasi “Dashboard Lancang Kuning” untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan ini merupakan key person terealisasinya cita-cita Ansor Riau untuk memiliki sekretariat yang representatif dalam tugas kaderisasi kepemudaan dan layanan keumatan, yang diberi nama “Rumah Toleransi” ini.

"Pak Jenderal Agung yang dari kakek buyutnya juga jam’iyah nahdlatul ulama inilah, yang menginisiasi gerakan gotong royong terkumpulnya donasi Rp 1,3 miliar untuk pembangunan Rumah Toleransi ini, pada saat kegiatan silaturahmi tokoh dan paguyuban masyarakat di Aula Tribrata Polda Riau, pada Jumat, 27 September 2021 yang lampau. Karenanya dengan bangga Aula Agung Setya Imam Effendi ini yang kami namakan, menyambut setiap kedatangan Jenderal Agung ke sini. Kapolda Riau kala itu, yang merupakan satu-satunya Kapolda yang all-out dalam menggalang donasi pembangunan Rumah Toleransi. Do’a kami, semoga karir jenderal bertambahan bintangnya, dan kesehatan jenderal berikut keluarganya, berlimpah keberkahan dari Allah SWT," kata dia.


Purwaji turut menghadiahkan cinderamata exclusive varsity jacket 1 Abad NU, sempena resepsi akbar 1 abad NU pada 7 Februari mendatang.

Sementara itu, Irjen Pol Agung dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehangatan sambutan kader Ansor dan KBNU Riau. Ia tak menyangka kunjungannya disambut ramai, mengingat kabar kedatangannya ke Rumah Toleransi disampaikan pada Jumat petang.

“Konsistensi kader Ansor Riau merawat Rumah Toleransi dengan fasilitas ambulans dan kegiatan sinergitas lainnya dengan lintas agama dan etnis, menunjukkan bahwa kesejatian kehadiran organisasi masyarakat hadir di Ansor ini, untuk bersinergi dengan ragam stakeholder, membantu segenap warga bangsa. Purwaji yang telah menahkodai Ansor Riau dengan legacy-nya melalui Rumah Toleransi ini, sudah tiba waktunya melangkah ke level nasional," kata Agung.