Disdukcapil Kuansing Siapkan Petugas Bantu Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Kepala-Disdukcapil-Kuansing-M-Reffendi-Zukman-3.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Bagi warga Kuansing yang membuat Identitas Kependudukan Digital (IKD) bisa mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kuansing.


Disdukcapil Kuansing telah menyiapkan petugas yang akan membantu mengaktifkan dan melakukan aktivitasi bagi warga yang membuat IKD melalui handphone android.

Kepala Disdukcapil Kuansing, M Reffendi Zukman mengatakan ada beberapa langkah untuk mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital menggunakan handphone android.

Beberapa langkah tersebut diantaranya pertama wajib mengunduh aplikasi IKD melalui Playstore di handphone android. Setelah selesai diunduh lalu masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email serta nomor handphone.

 

Selanjutnya lakukan verifikasi wajah atau foto selfi menggunakan handphone android. Melakukan scan Code yang tersedia di Dinas Dukcapil Kuansing. Dan terakhir cek email untuk mengaktifkan IKD di handphone android.

"Untuk aktivitasi IKD tetap dilakukan di kantor Disdukcapil, karena memang barkotnya hanya ada di kantor," ujar M Reffendi Zukman, Jumat, 3 Februari 2023 kemarin.

Target Kuansing sendiri tahun ini sebanyak 61 ribu warga Kuansing yang sudah menggunakan KTP elektronik sudah terdaftar melalui IKD.


 

 


 

 

 

"Target ini langsung diberikan Mendagri untuk Kuansing. Untuk mempercepat program ini nantinya kita akan turun ke desa-desa dan sarana umum lainnya untuk membantu warga mendaftarkan diri melalui IKD," katanya.