DPRD Riau Tolak Wacana Riau Jadi Tuan Rumah Porwil XI Sumatera 2023

Ilustrasi-Pekan-Olahraga2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPRD Riau menolak wacana Provinsi Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera 2023. 

"Kami tidak setuju. Gubernur harus mencermati dan jangan terburu-buru untuk menyetujui itu," kata Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung, Kamis, 2 Februari 2023.

Kata Robin, Gubernur Riau, Syamsuar, memang belum menyetujui, lantaran masih mempertimbangkan anggaran. Menurut dia, di Sumatera, tidak ada provinsi lain yang setuju.  

"Kita pun Komisi V dari awal sudah nggak setuju itu. Pertama soal anggaran kita. Itu kan biasanya bisa lebih besar (anggaran, red) dari prediksi. Iven-iven besar selalu begitu," kata Robin.  

Kemudian, katanya, di APBD Murni juga tidak disediakan anggaran untuk iven itu. Ia pun mengaku tak mengetahui di APBD Perubahan apakah bisa diakomodir. 


"Kemampuan keuangan daerah kita kan lagi tidak baik-baik saja. Jangan lagi dibebani dengan seperti ini," katanya.  

Intinya, kata dia, DPRD berharap gubernur, jangan menyetujui dengan pertimbangan anggaran. Bahwa, lanjut Robin, ekonomi dan keuangan belum stabil. 

"Di APBD Murni juga tidak dianggarkan untuk itu. Sehingga kalau itu nanti diharapkan di Perubahan itu kan beresiko," kata Robin. 

"Jadi supaya KONI Riau tidak menanti-nanti soal itu, Gubernur lebih baik cepat menyatakan ketidaksetujuan itu," tutupnya.