Operator Bolak-balik TPS Usai Warga Buang Sampah di Luar Jadwal

Tempat-pembuangan-sampah2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah oknum warga masih membuang sampah di luar jadwal. Saat ini belum seluruh masyarakat mengikuti jadwal buang sampah yang ada.

Kondisi ini membuat operator harus mengangkut sampah lebih dari sekali di sejumlah Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang ada.

Seperti terlihat di simpang Jalan Putri Tujuh, Kota Pekanbaru. Angkutan dari operator PT Ella Pratama Perkasa (EPP) harus mengangkut sampah lebih dari sekali di TPS itu.

Pada, Minggu 29 Januari 2023, truk operator tersebut mengangkut sampah pada pagi dan sore. Mereka awalnya mengangkut sampah pada Minggu subuh lantas berlanjut pada Minggu sore.

Kedua operator PT EPP dan PT Samhana Indah (SHI) pun harus menambahkan rotasi pengangkutan sampah. Hal ini sebagai langkah mengantisipasi tumpukan sampah di TPS.


"Kita menyadari belum semua masyarakat tertib, jadi yang buang sampah terlambat nantinya operator bakal menambahkan ritasi pengangkutan sampah," ujar Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Senin, 30 Januari 2023.

Dirinya mengingatkan masyarakat agar membuang sampah sesuai jadwal yang ada. Jadwal pembuangan sampah yakni dari pukul 21.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Indra juga mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru agar memantau keberadaan tumpukan sampah.

Pemerintah kota tetap mengevaluasi kinerja keduanya dalam mengelola angkutan sampah. Mereka mendorong kedua operator angkutan bisa mengelola sampah dengan baik. 

"Namun demikian terus kita evaluasi supaya pengelolaan ini benar-benar sesuai harapan," ungkapnya.

Indra menambahkan bahwa pemerintah kota juga sudah sosialisasi ke masyarakat perihal titik TPS. Jumlah TPS yang ada saat ini mencapai 63 TPS menyebar di dua zona pengangkutan sampah.