Imbauan! Sekolah Terapkan Prokes Siswa, Cegah Covid-19 Kraken

pembelajaran-tatap-muka19.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kasus Covid-19 hingga kini belum berakhir. Penyebarannya masih ada dengan munculnya varian baru. Masyarakat pun diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

Pihak sekolah pun diminta tetap mengawasi para siswa dalam menerapkan prokes di lingkungan sekolah. Apalagi virus corona varian kraken sudah terdeteksi masuk ke Indonesia.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, walaupun pemerintah sudah mencabut status PPKM, para guru dan siswa diingatkan agar mengikuti prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami imbau pihak sekolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Mereka harus mewaspadai penularan Covid-19," pesan Abdul Jamal, Senin 30 Januari 2023.

Jamal mengingatkan baik guru maupun siswa yang merasa kurang sehat atau demam bisa istirahat di rumah. Mereka bisa izin untuk sementara hingga kondisi tubuhnya kembali sehat.


"Bagi yang belajar di sekolah bisa memakai masker, bagi yang demam bisa istirahat di rumah sampai kondisinya sehat," imbau Jamal.

Penyebaran Covid-19 varian kraken mulai membuat resah masyarakat. Namun hingga kini Dinas Kesehatan (Diskes) menyatakan belum ada ditemukan pasien tertular varian itu di Kota Pekanbaru, Riau.

"Kita pastikan hingga kini belum ada ditemukan varian itu di Pekanbaru, laporan belum ada," sebut Sekretaris Diskes Pekanbaru, David Oloan.

Ia menyebut, sudah berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit di Pekanbaru. Pihaknya berkoordinasi dalam memastikan ketersediaan ruang perawatan. 

Pihaknya juga mendatangi rumah sakit untuk memantau kesiapan ICU dan ruang rawat inap pasien Covid-19. David menegaskan, ruang tersebut tetap disiagakan walau kasus Covid-19 cenderung menurun.