Kediaman Bupati Inhil Kebanjiran, di Meranti Banjir Rob Sebahu Orang Dewasa

Bupati-Inhil-kebanjiran.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)

RIAU ONLINE, INHIL - Banjir rob menggenangi rumah dinas Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan, di Jalan Kesehatan, Kecamatan Tembilahan, Rabu, 25 Januari 2023. Air setinggi mata kaki menggenangi seluruh ruangan di kediaman HM Wardan.

Selain Inhil, sejumlah daerah pesisir di Riau terdampak banjir rob yang dikarenakan air pasang laut memasuki pemukiman penduduk di sekitar pantai.

"Sekarang mengungsi ke belakang Mess Kedatun," ujar Bupati Inhil, Wardan, Rabu, 25 Januari 2023, malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, Yuspik, menjelaskan banjir menggenangi kediaman dinas Bupati Inhil sejak pukul 15.30 WIB. Selain rumah wardan, fasilitas umum lainnya juga terdampak banjir rob.

"Rumah Pak Bupati dan masjid Raya Al-Huda dan rumah masyarakat lain juga terdampak," kata Yuspik.

Saat ini, kata Yuspik anggota BPBD masih berada di lokasi banjir. Petugas mendata dan membantu masyarakat yang terdampak banjir.

"Nanti kita kabarin informasi selanjutnya," ujarnya.


BPBD Riau mengimbau masyarakat di daerah pesisir untuk mewaspadai banjir rob atau pasang surut air laut.

Selain Inhil, fenomena banjir rob juga terjadi di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti sejak dua hari belakangan.

Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal, menjelaskan banjir rob yang diperparah tingginya curah hujan membuat ketinggian air yang menggenangi pemukiman warga di Kecamatan Tebing Tinggi sudah mencapai sebahu orang dewasa.

"Di Kabupaten Kepulauan Meranti beberapa hari lalu, dan airnya semakin tinggi karena curah hujan juga tinggi di sana," kata Edy, Kamis, 26 Januari 2023.

Selain tingginya curah hujan, kata Edy, banjir rob juga disebabkan fenomena alam, supermoon. Terlebih lagi, daerah yang digenangi banjir rob cukup rendah.

Saat ini BPBD Riau berkoordinasi dengan BPBD Inhil dan Kepulauan Meranti mendirikan posko untuk membantu memfasilitasi pengungsian warga terdampak banjir.

Edy mengatakan pihaknya telah menyiagakan sebagian personel di posko untuk membantu warga yang rumahnya tergenang banjir.

"Anggota lain membantu masyarakat yang sedang dilanda banjir rob," tuturnya.