Harimau Sumatera Berkeliaran di Kawasan Pertokoan Siak

Harimau-terekam-cctv-di-siak.jpg
(Dok BBKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warga Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, dihebohkan dengan video kemunculan seekor harimau sumatera. Dari hasil patroli Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, harimau sumatera sempat terlihat di sekitar hutan kota dan wilayah pertokoan di Siak.

Pelaksana harian Kepala BBKSDA Riau, Hartono, mengatakan dari hasil penelusuran tim BBKSDA, ditemukan jejak harimau yang berada di Kota Siak.

“Berdasarkan rekaman kamera CCTV dari masyarakat, bahwa harimau telah muncul dan masuk wilayah Kota Siak,” terang  Hartono, Minggu, 22 Januari 2023.

Hartono menambahkan, terkait kemunculan satwa dilindungi itu, BBKSDA Riau bersama Pemkab Siak dan TNI, dan Polri, berkoordinasi memberikan pemahaman ke masyarakat untuk berhati-hati melakukan aktivitas di malam hari.

“Kami  lakukan koordinasi dengan Pemkab dan TNI, Polri dan memberikan pemahaman ke masyarakat yang di Kota Siak agar berhati-hati melakukan aktivitas malam hari,” sebutnya.


Hartono menyebut, dari hasil patroli tadi malam, harimau berada di sekitar hutan kota.

“Dari hasil patrol tadi malam, tim melihat keberadaan harimau sumatera di sekitar hutan kota. Kalau melihat titik koordinat kemunculan harimau itu berada di Kota Siak, masuk daerah pertokoan,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk mencegah hal tidak diinginkan, petugas telah memasang kamera trap dan kandang jebak di lokasi kemunculan harimau.

“Kami  langsung turunkan tim untuk memasang kamera trap dan box trap di lokasi kemunculan harimau, diharapkan dengan pemasangan ini segera bisa mengevakuasi harimau sumatera,” tuturnya.