DPRD Desak Pemko Pekanbaru Atasi Banjir, Sampah, dan Jalan Rusak: Jangan Cuma Umbar Janji

Jalan-rusak-darma-bakti.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru menyoroti tiga masalah utama yang ada di ibu kota Provinsi Riau. Hal ini sebagai refleksi tahun 2022 bagi pemerintah kota agar bisa menjadi prioritas di tahun 2023.

Tiga masalah utama yakni banjir, sampah dan jalan rusak. Ketiga masalah tersebut juga menjadi amanah dari Gubernur Riau agar segera diatasi.

"Pertama, masalah banjir ini harus dilakukan secara sistematis, dari hulu ke hilir itu harus diselesaikan," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, Kamis 5 Januari 2023.

Selanjutnya persoalan sampah, Azwendi mengingatkan Pemko Pekanbaru untuk terus berbenah diri agar Kota Pekanbaru semakin bersih dari tumpukan sampah.

"Persoalan sampah, jangan sampai terulang lagi permasalahan yang sama di tahun 2023 ini," tegasnya.

Ketiga, masalah jalan-jalan rusak dan berlubang. Azwendi meminta Pemko Pekanbaru untuk tidak saling menyalahkan dan lempar tanggung jawab terhadap kondisi jalan rusak dan berlubang yang ada di Kota Pekanbaru.

Azwendi menyebut, ketiga persoalan ini mesti menjadi program prioritas. Ia tidak ingin Pemko Pekanbaru sekadar menebar janji-janji dalam menjalankan program kegiatan di tahun 2023.

"Harapan kami ini merupakan harapan masyarakat, jadi tentu harapannya Pemko jangan tebar janji palsu. Kalau hanya janji palsu yang diberikan pada masyarakat tanpa realisasi dan tanpa adanya aksi untuk perubahan, maka saya rasa bukan itu yang diharapkan masyarakat," tuturnya.

Azwendi mengatakan, Pemko Pekanbaru di bawah kepemimpinan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun harus segera bertindak dalam menyelesaikan tiga skala prioritas di tahun 2023.

"Kita tidak perlu berdebat dengan pemerintah pusat, tanggung jawabnya siapa dan lempar batu sembunyi tangan. Kami maunya itu win-win solution," paparnya.

"Artinya, ketika kota ini adalah kota kita maka tentu kita sendiri yang harus bertanggungjawab bersama-sama. Bukan hanya melempar tanggung jawab, melainkan jalan-jalan rusak dan berlubang itu harus segera dieksekusi untuk diperbaiki," jelasnya.

Politisi Demokrat ini berharap Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah. Ia berharap pemerintah kota memberikan suatu kepastian perubahan untuk masyarakat.

"Jadi harapan kami itu tidak ada lagi janji-janji palsu kepada masyarakat, apalagi sementara ini dipimpin Pj wali kota tentunya kami akan selalu dorong dan selalu support beliau untuk bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif untuk masyarakat," ujar Azwendi.