BPBD Kuansing Upacara Kesiapsiagaan di Tengah Jalan

Apel-BPBD-Kuansing.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di jalanan menuju komplek perkantoran Bupati Kuansing, Selasa, 29 November 2022.

Akses jalan lurus menuju komplek perkantoran Bupati Kuansing harus ditutup sementara karena apel digelar di badan jalan kabupaten. Sejumlah pegawai maupun warga harus menunggu upacara selesai baru bisa melintas. Apel telah dimulai sekitar pukul 09.50 WIB dan baru selesai sekitar pukul 10.26 WIB.

Apel kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana langsung dihadiri Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Kapolres Kuansing, Pabung diwakili Danramil Kuantan Tengah dan sejumlah Forkopimda dan pejabat daerah serta anggota BPBD, kepolisian, TNI dan PMI serta undangan lainnya.


Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Kuansing sendiri merupakan daerah rawan bencana terutama banjir, tanah longsor, puting beliung hingga kebakaran hutan dan lahan.

Melalui apel kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana ini Suhardiman mengajak untuk meningkatkan kewaspadaan akan bencana mengingat saat ini sudah tiba musim hujan.

"Bencana memang sulit diprediksi namun sebelum terjadi kita bisa melakukan antisipasi dengan kesiapsiagaan," kata Suhardiman Amby yang memimpin langsung upacara kesiapsiagaan bencana di jalan lurus menuju komplek perkantoran Pemkab Kuansing, Selasa pagi.

Suhardiman menambahkan apel kesiapsiagaan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan goro bagi seluruh lapisan masyarakat. Dia juga menegaskan kepada seluruh Camat di Kuansing agar segera membentuk Laskar Penanggulangan bencana di setiap desa sebagai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

"Untuk relawan kepada seluruh camat saya ulangi agar segera membentuk laskar penanggulangan bencana di setiap desa," pungkasnya.