Dapat Bantuan Kapal Nelayan dari Pemerintah, KUB Berkah Mina: Dukung Produktivitas

Rahmat-mewakili-KUB-Berkah-Mina.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kelompok Usaha Bersama (KUB) Berkah Mina jadi salah satu penerima manfaat tiga unit kapal nelayan bermesin 18 tenaga kuda dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan. Ketua KUB Berkah Mina, Rahmat, merasa terbantu dengan fasilitas kapal ini, Jumat, 4 November 2022. 

Rahmat mewakili KUB Berkah Mina mengatakan program penyaluran bantuan seperti ini mendukung produktivitas dari nelayan yang ada di aliran Sungai Siak. 

"Bantuannya bagus, semoga kedepannya para nelayan di Sungai Siak ini semakin maju," terangnya. 

Rahmat mengatakan, tiga unit kapal nelayan bantuan Pemprov Riau akan digunakan dengan maksimal untuk anggota KUB Berkah Mina.


"Sistemnya nanti kita bersama-sama lah, kadang turun cari ikan itu kita bareng, kita gandeng sampan dan nelayan lain-lain, baru kita berangkat sama," pungkasnya. 

Di tengah adanya tambahan armada mencari ikan, kebutuhan bahan bakar juga menjadi perhatian. Dikatakan Rahmat, untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar, kelompok nelayan di Kecamatan Rumbai Timur, Pekanbaru, sudah membuat pengajuan ke Pertamina. 

"Alhamdulillah sudah ada solusi dari dinas, kemarin surat pengajuan ke Pertamina, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa diproses," terangnya.

Kemudian kata Rahmat, selama ini kebutuhan bahan bakar kapal kelompoknya dalam sehari menghabiskan sekitar 20 sampai 30 liter dalam sekali berlayar.