Tahun Depan, Sentra UMKM Bakal Hadir di Jalan Arifin Achmad

Masykur-Tarmizi.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM mendapat perhatian khusus. Mereka segera diberikan wadah untuk kemudahan memasarkan produknya.

Pemerintah Kota Pekanbaru pada tahun 2023 mendatang memberikan dukungan berupa perluasan akses pemasaran UMKM. Ada rencana aset pemerintah kota di Jalan Arifin Achmad dijadikan sebagai sentra UMKM.

"Kita menyadari banyak dari mereka kesulitan memasarkan, maka kita bangun sentra UMKM di Jalan Arifin Achmad," ujar Asisten III Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi, Kamis 27 Oktober 2022.

Menurutnya, posisi Kota Pekanbaru sangat strategis sehingga berpeluang memberi keuntungan bagi pelaku usaha.  


"Jadi kemudahan ini yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha. Pekanbaru kota usaha, kita berharap bisa jadi kota industri," ulasnya. 

Dirinya mengklaim bahwa investasi terus mengalami peningkatan di Kota Pekanbaru. Ia menyebut bahwa kenaikan investasi masih berlangsung hingga kini. 

Pemerintah pun bakal memberi akses permodalan bagi pelaku UMKM ke BPR Pekanbaru. Ada bantuan subsidi bunga untuk mendapatkan pinjaman di BPR Pekanbaru.  

Masykur meyakinkan bahwa dari 12 persen Bunga nantinya sembilan persen dibayar melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru. Pembahasan regulasi kebijakan ini sedang tahap finalisasi.  

"Jadi tahun 2023, para pelaku UMKM mendapat kemudahan bagi pelaku UMKM," jelasnya.