Diprotes, Pemko Pekanbaru Kaji Ulang Lelang Pengelolaan Pasar Bawah

Pasar-Bawah-Pekanbaru.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengelolaan Pasar Bawah Kota Pekanbaru belum diserahkan kepada pemenang tender. Saat ini pasar wisata tersebut masih dikelola oleh Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). 

Padahal, telah ditetapkan pemenang lelang yakni PT Ali Akbar Sejahtera (AAS). Perusahaan ini  melewati sejumlah tahapan dan proses verifikasi berkas pendaftaran oleh badan usaha.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, Pemko Pekanbaru segera menentukan sikap terkait polemik proses lelang pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah.

"Karena ada protes dalam pelaksanaan tender, ini kita kaji ulang. Ini sedang kita dalami. Kalau sudah ada kepastiannya dari hasil evaluasi, tentu kita akan segera tindaklanjuti," ujar Ingot, Kamis 27 Oktober 2022.


Dirinya menyampaikan bahwa tim masih mengevaluasi proses lelang yang telah rampung pada Juni 2022. Namun pihaknya tidak bisa memastikan kapan evaluasi proses lelang ini bakal tuntas.

"Proses di pemerintahan itu kan gak bisa gegabah, gak bisa buru-buru. Kita berharap ini bisa secepatnya," paparnya. 

Menurutnya, pemko bisa saja membatalkan pemenang lelang kemarin. Bahkan ada kemungkinan melakukan proses lelang lanjutan dalam pemilihan mitra pengelolaan Pasar Bawah.

Pengelolaan Pasar Bawah dengan pihak pengelola pertama telah berakhir tanggal 16 Mei 2022. Sebelumnya Pasar Bawah dikelola pihak ketiga yakni, PT Dalena Pratama Indah.

Adanya peralihan ini karena kerjasama dengan sistem Bangun Guna Serah (BGS) selama 20 tahun sudah berakhir. Masa penggunaan dan pengelolaan oleh investor pasar itu sudah berakhir.