BPN Pekanbaru Beri Kemudahan dan Kenyamanan bagi Penyandang Disabilitas

BPN-Pekanbaru3.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat penyandang disabilitas mendapat kemudahan saat mengakses layanan ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru. Tersedia sejumlah sarana dan fasilitas mendukung kemudahan bagi penyandang disabilitas.

 

Fasilitas guiding block dari akses halaman depan menuju pintu masuk mempermudah para tuna netra untuk melangkah menuju tempat layanan. Ada juga jalur landai bagi para penyandang tuna daksa yang menggunakan kursi roda.

 

Pihak BPN Pekanbaru juga menyediakan kursi roda dan tongkat sebagai alat bantu. Terdapat juga fasilitas berupaya alat bantu dengar, kacamata baca plus maupun minus hingga buku petunjuk dengan tulisan braille di loket prioritas.

 

Staf Bagian Umum BPN Pekanbaru, Syifa Fauziah menjelaskan bahwa penyandang disabilitas menjadi prioritas untuk mengakses layanan melalui Loket Prioritas. Mereka yang datang hendak mengurus dokumen tanah bisa langsung datang ke loket itu tanpa antri.

 

"Kita prioritaskan juga bagi ibu hamil, ibu dengan balita, lansia dan penyandang disabilitas," ungkapnya, Kamis 13 Oktober 2022.


 

Dirinya menyampaikan, ada juga sejumlah fasilitas untuk menunjang layanan ini. Di antaranya guiding block untuk mempermudah akses bagi tuna netra.

 

Mereka juga bisa menggunakan buku braille untuk panduan layanan penyandang tuna netra. Penyandang tuna rungu atau lansia bisa memakai beberapa alat bantu dengar yang tersedia.

 

"Ada juga kacamata baca, sarana ini menunjang pelayanan kami di layanan pertanahan. Kami bedakan loket pemohon langsung dengan pemohon prioritas," ujar Duta Layanan di Kantor BPN Pekanbaru.

 

Loket prioritas ini juga bisa diakses masyarakat atau pemohon yang punya kebutuhan mendadak mengurus dokumen tanah. Mereka mendapat layanan prioritas karena memiliki keterbatasan waktu untuk mengakses layanan di BPN Pekanbaru.

 

Pihaknya juga meningkatkan layanan penunjang untuk kenyamanan. Bagi ibu dan balita tersedia ruang laktasi serta ruang khusus bermain anak-anak.

 

Tak hanya itu, toilet khusus bagi penyandang disabilitas untuk perempuan dan pria juga terse.tersedia. Mereka juga menyediakan panic button di dalam toilet khusus bagi penyandang disabilitas.