Syamsuar Gesa Gerakan Tanam Cabai Demi Tekan Angka Inflasi Riau

Syamsuar504.jpg
(Istimewa)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, menggesa Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di lahan pekarangan Kompleks Rumah Dinas Gubri. Upaya ini dilakukan untuk mengendalikan inflasi di Riau yang masih tinggi.

Gertam cabai sebelumnya sudah dilakukan beberapa kali di Pekanbaru, Dumai. Kali ini, Gertam Cabai kembali dilakukan di Pekanbaru.

Syamsuar menyebutkan, sebanyak 1.000 bibit cabai telah dipersiapkan untuk kegiatan Gertam Cabai hari ini, Jumat, 2 Agustus 2022.

"Hari ini ada 1.000 bibit untuk hampir per 10 hektar. Bibit juga cabai rawit, bisa cabai merah yang penting ini cabai, karena orang Riau ini suka makan cabai," ujarnya.


Terkini, diungkap Syamsuar, kondisi inflasi di Riau sudah menurun, yakni mencapai titik angka 5,8 persen. Sebulan sebelumnya tingkat inflasi di Riau mencapai angka tujuh persen.

 

 

"Tapi tentunya target pemerintah juga harus diturunkan lagi (inflasinya)," ujarnya.

Syamsuar menjelaskan, Gertam cabai ini menjadi kebijakan nasional yang dicanangkan Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dalam rapat yang dipimpin oleh Menko bidang Perekonomian, dan dibahas bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia pada beberapa waktu lalu.

"Salah satu kebijakan nasional ini adalah bagaimana mengajak masyarakat, ASN, pegawai agar menanam cabai di lahan  pekarangan," jelasnya.