Pemkab Bengkalis Matangkan Langkah Penjemputan Jamaah Haji

Rapat-Pemkab-Bengkalis.jpg
(Istimewa)

 

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis mematangkan langkah-langkah pemulangan serta penjemputan jamaah haji Kabupaten Bengkalis, Riau.

Jamaah haji Kabupaten Bengkalis kloter 8 di antaranya, Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat, Rupat Utara, Mandau dan Kecamatan Pinggir dijadwalkan akan tiba, 5 Agustus tahun 2022 di Negeri Junjungan.

Hal itu tertuang dalam rapat kesiapan Pemkab Bengkalis pematangan pemulangan jamaah haji Kabupaten Bengkalis, Senin, 1 Agustus 2022 di ruang rapat Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Jemaah haji diperkirakan akan tiba di Embarkasi Haji Antara (EHA) Pekanbaru pada pukul 04.30 WIB, kemudian langsung pemeriksaan antigen setelah itu baru diadakan seremonial penyerahan jemaah haji dari PPIH Debarkasi ke PPIH daerah untuk dipulangkan menuju daerah asal masing-masing menggunakan bus yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.


Sementara untuk jemaah haji yang berdomisili di Kecamatan Mandau dan Pinggir direncanakan akan turun di Masjid Raya Arrafah, Duri.

Sementara untuk jemaah haji Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat dan Rupat Utara, akan diturunkan di masjid Al-Amin Sungai Pakning, dan bagi jemaah haji Kecamatan Bengkalis dan Bantan akan diturunkan di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis.

Rapat dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) H Bustami HY menjelaskan bahwa rundown yang disampaikan Bagian Kesra telah tersusun dengan baik, hanya tinggal pelaksanaannya saja sehingga jamaah haji Kabupaten Bengkalis bisa tiba di tanah air dengan nyaman dan selamat.

"Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan jemaah haji Kabupaten Bengkalis setelah tiba di tanah air, maka dari itu kami tekankan agar melakukan langkah antisipasi fasilitas pelayanan bagi jamaah haji seperti menyediakan beberapa ambulance yang diperuntukan untuk berjaga-jaga, serta kendaraan untuk jama’ah yang reaktif, sehingga jika terjadi sesuatu hal sudah ada penanganannya," tegas Sekda, H Bustami.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Kantor Kemenag Khaidir, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal, Dinas Kesehatan diwakili Irawadi, Kepala Bagian Prokopim diwakili Nurhadi, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Camat Bukit Batu diwakili Sekcam Muhammad Ikhwan Suhada, Camat Kecamatan Siak Kecil diwakili Ahmad Tatang, Camat Bantan diwakili Gunandi.

Juga hadir Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bengkalis Suhardi, Kepala KUA Kecamatan Mandau Saim, Kepala KUA Kecamatan Bantan Mahmud.