Covid-19 di Kota Pekanbaru Naik, Sehari 10 Kasus Positif

Kepala-Dinas-Kesehatan-Kota-Pekanbaru-Zaini-Rizaldy.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru mencatat ada lonjakan drastis sejak awal Juli 2022 ini. Total kasus aktif saat ini mencapai 41 kasus.

Kasus aktif Covid-19 di Kota Pekanbaru awalnya pada 1 Juli 2022 hanya mencapai tujuh kasus. Artinya, ada kenaikan sebanyak 34 kasus hingga saat ini.

Dalam beberapa hari ini kembali terjadi penambahan kasus baru. Bahkan, Rabu 20 Juli 2022 lalu, terdapat sepuluh kasus Covid-19 baru dalam satu hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, tidak menampik adanya penambahan kasus Covid-19. Ada tren kenaikan kasus dalam beberapa hari ini di Kota Pekanbaru.

"Jadi memang kasus satu hari bisa sampai sepuluh kasus, ternyata itu klaster keluarga," paparnya, Kamis petang, 21 Juli 2022.


 

 

Dirinya menyebut bahwa status pandemi Covid-19 masih belum dicabut pemerintah. Potensi penyebaran masih saja terjadi hingga kini.

Kondisi ini diperparah dengan masih rendahnya capaian vaksin Covid-19. Capaian vaksinasi Covid-19 bagi lanjut usia atau lansia di Kota Pekanbaru masih rendah karena di bawah 70 persen.

Begitu juga dengan capaian vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak masih di bawah 75,27 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk vaksin dosis kedua capaiannya di bawah 60 persen yakni 52,78 persen.

"Maka kami ingatkan agar masyarakat vaksin, agar jangan sampai terjadi lonjakan kasus seperti beberapa waktu lalu," harapnya.