Diduga Calo, Warga Air Dingin Diminta Rp 850 Ribu untuk Pembuatan KTP dan KK

PUNGLI2.jpg
(INTERNET)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Warga di RT 04, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, inisial RZ mengaku kaget dengan biaya pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Kelurga (KK) dan Akte kelahiran anak di Pekanbaru.

RZ mengaku meminta tolong kepada Ketua RT 04, Ramadhan untuk mengurus pembuatan KTP dan KK.

"Karena kami tidak memiliki waktu untuk ke Dukcapil, kami minta tolong sama Pak RT membuatkan KTP dan KK, tapi tanpa sepengetahuan kami, Pak RT menyerahkan pembuatan KTP dan KK kami kepada orang lain," ujar RZ kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 20 Juli 2022.

Namun saat pembuatan KTP dan KK usai, RZ diminta sejumlah uang oleh orang surahan Ramadhan, diduga calo pembuatan KTP dan KK. Tak tanggung-tanggung, RZ dimintai Rp 850 ribu sehingga sangat memberatkannya.

"Masa iya pembuatan KTP dan KK sebanyak itu, saya minta tolong sama RT karena dia yang akan mengurus pembuatan KTP dan KK keluarga kami," terangnya.


 

 

"Tapi tanpa sepengetahuan kami, Ketua RT 04 memberikan pengurusan pembuatan kepada orang lain yang diduga calo," paparnya.

Saat RiauOnline.co.id mengkonfirmasi, Ketua RT 04, Ramadhan membantah kalau pembuatan KTP dan KK dikenakan biaya.

"Kata siapa ada biaya pembuatan KTP dan KK. Gratis kok," tegas Ramadhan.

Hingga saat ini, RZ belum mengambil KTP dan KK yang telah siap. RZ mengaku tidak akan membayar uang Rp 850 ribu kepada calo pembuatan KTP dan KK tersebut.