Takbir Keliling Dilarang, Warga: Konser Kemarin Apa Kabar?

Takbir-keliling2.jpg
(istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Warga Kota Pekanbaru menyayangkan peniadaan kegiatan takbir keliling di malam Idul Adha 1443 H. Aturan ini diterapkan seiring penerapan PPKM level 1 di Kota Pekanbaru.

"Sayang sekali ya tak bisa takbiran, jadi kurang semarak. Tapi kalau memang masih level 1 tak boleh kerumunan, konser kemarin apa kabar?" kata Rizal, pemilik usaha rental mobil kepada RIAUONLINE, Kamis 7 Juli 2022

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun menegaskan bahwa tidak ada takbiran keliling. Masyarakat Kota Pekanbaru hanya boleh takbiran di masjid dan musala jelang Idul Adha 1443 H.

"Jadi untuk pelaksanaan takbiran bisa dilakukan di masjid dan musala tanpa ada takbiran keliling," ujarnya.

Dirinya mengatakan, kebijakan ini sesuai hasil rapat Forkopimda Kota Pekanbaru berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama. Pemerintah kota segera menerbitkan Surat Edaran Walikota Pekanbaru.

Sebelumnya, kata dia, Pemko Pekanbaru juga sudah berencana menggelar takbir keliling di malak Idul Adha. Namun rencana itu dibatalkan, setelah Kemenag Pekanbaru mengimbau agar takbir dilakukan di masjid dan musala.

Imbauan dari Kemenag Pekanbaru tersebut, sebut Muflihun, sudah melalui rapat Forkopimda di kantor kejaksaan Negeri Pekanbaru.


 

 

"Kita maunya kembali takbir. Kalau saya awalnya mengonsepnya pawai takbir kayak kemarin itu di Gajah Mada. Tapi ketika Kemenag mengekspose mereka mengarahkan untuk di musala atau masjid saja," jelas Muflihun.

Ia menyampaikan bahwa kebijakan ini sesuai Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 668 Tahun 2022. Berdasarkan surat itu Pemko segera menerbitkan Surat Edaran Wali Kota Pekanbaru.

"Karena kita sekarang ini juga kan masih di PPKM level 1, makanya untuk takbir itu kita laksanakan di musala, masjid atau di rumah saja. Tak ada pawai takbir keliling," ulasnya.

Muflihun menyampaikan bahwa pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada Ahad, 10 Juli 2022. Sedangkan, pelaksanaan salat Ied berlangsung di 232 titik lokasi.

Selain itu, para jamaah yang tergabung dalam organisasi Muhammadiyah juga telah menetapkan Idul Adha sehari sebelum ketetapan pemerintah pusat. Muhammadiyah rencananya mengikuti salat Ied di 11 titik lokasi di Pekanbaru.

Ia mengimbau agar masyarakat agar menjaga keamanan dan ketentraman di lingkungan masing-masing. Ia berharap pelaksanaan Idul Adha bisa terlaksana dengan baik.